Pembangunan Aplikasi Photo Tangging Untuk Pertolongan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Bandung Menggunakan Teknologi Geotagging Pada Platform Android

Nurzaman, Zamzam (2018) Pembangunan Aplikasi Photo Tangging Untuk Pertolongan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Bandung Menggunakan Teknologi Geotagging Pada Platform Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Kesehatan Kota Bandung merupakan suatu instansi pemerintah yang berperan penting dalam pembangunan kesehatan di Kota Bandung dengan prioritas pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan Petugas pelayanan kesehatan mobilitas Dinas Kesehatan Kota Bandung menilai layanan mobilitas 119 belum baik karna masih banyaknya masyarakat yang salah melaporkan lokasi kejadian kecelakaan dan kurang jelasnya penjelasan dari masyarakat mengenai keadaan korban karena layanan ini hanya berupa telepon saja yang tidak bisa memberikan gambaran secara baik dimana dan bagaimana kondisi kecelakaan tersebut sehingga petugas pelayanan kesehatan mobilitas Dinas Kesehatan Kota Bandung mengalami kesulitan dalam mengambil tindakan. Selain itu petugas pelayanan kesehatan mobilitas Dinas Kesehatan Kota Bandung kesulitan menentukan puskesmas atau rumah sakit mana yang siap dan paling dekat dengan korban kecelakaan karena belum adanya sistem yang bisa merekomendasikan dan belum adanya kolaborasi dari pihak puskesmas atau rumah sakit tentang ketersediaan petugas kesehatan, mobil ambulan dan mobil jenazah sehingga membutuhkan waktu untuk mencari. Berdasarkan masalah yang dipaparkan, maka perlunya membangun sebuah aplikasi photo tagging untuk pertolongan kecelakaan lalu lintas menggunakan teknologi geotagging pada platform android. Tujuannya adalah Mengurangi terjadinya kesalahan pelaporan lokasi kecelakaan dan lebih tergambarnya keadaan korban dari masyarakat sehingga mempermudah Petugas pelayanan kesehatan mobilitas Dinas Kesehatan Kota Bandung mengambil tindakan dan mempermudah Petugas pelayanan kesehatan mobilitas Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam menentukan puskesmas atau rumah sakit mana yang siap dan paling dekat dengan korban kecelakaan. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan pengujian beta penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat mengurangi terjadinya kesalahan pelaporan lokasi kecelakaan dan menentukan puskesmas atau rumah sakit mana yang siap dan paling dekat dengan korban kecelakaan sehingga membantu petugas pelayanan kesehantan mobilitas dalam menentukan tindakan pertolongan kecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Geotagging, GPS, pertolongan kecelakaan lalu lintas, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57953

Actions (login required)

View Item View Item