Pembangunan Backup Replika Dan Monitoring Server Sebagai Solusi Penanggulangan Bencana Pada Virtualisasi Server Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat

Andrianus, Ferly (2018) Pembangunan Backup Replika Dan Monitoring Server Sebagai Solusi Penanggulangan Bencana Pada Virtualisasi Server Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas komunikasi dan informatika (DISKOMINFO) adalah Instansi pemerintahan yang besar dan memiliki pegawai cukup banyak serta cakupan kerja yang besar, sehingga memiliki data yang besar untuk dikelola dan tentunya harus terorganisir dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan data tersebut, DISKOMINFO membutuhkan komputasi yang besar. Ruangan server yang sudah penuh dan belum memiliki backup server, serta belum optimal dalam penggunaan server ditambah dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk perawatan seluruh server (maintenance dan listrik). DRC virtualisasi server menggunakan type HOT dengan tools yang digunakan Vmware ESXi 5.5 , Veeam backup & replication versi 9 dan Network Attached Storage (NAS) dengan sistem operasi FreeNAS 9.10, dimana backup dan replikasi menjadi skenario dalam penanggulangan bencanya. Kemudian untuk melihat status server dibangun program monitoring server dan memberikan notifikasi ketika terdapat server down. Beberapa server dilakukan konsolidasi kedalam satu fisik server serta membangun backup server dengan cara melakukan replikasi server. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, penerapan DRC virtualisasi server sangat efektif. Dimana waktu downtime hanya 1-3 detik sehingga sistem informasi berjalan dengan stabil pada kondisi main server mengalami down. Dan juga dapat mengoptimalkan penggunaan server dan menekan biaya pembelian atau perawatan server. Dengan replikasi dan restore dapat melakukan penambahan, perbaikan dan maintenance server dengan cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Virtualisasi, ESXi, Veeam, Backup dan Replikasi server, Failover, Restore, FreeNAS, Network Attached Storage (NAS), Penanggulangan bencana, Disaster Recovery Center (DRC),DISKOMINFO.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57960

Actions (login required)

View Item View Item