Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Dekstop Sebagai Media Pembelajaran Perakitan PC Pada Kelas X Studi Kasus Teknik Komputer Dan jaringan (TKJ) SMKN 2 Kota Bandung

Antriyanti, Fitri (2018) Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Dekstop Sebagai Media Pembelajaran Perakitan PC Pada Kelas X Studi Kasus Teknik Komputer Dan jaringan (TKJ) SMKN 2 Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan suatu konsep perpaduan antara virtual reality dengan word reality. Pada pelajaran Perakitan PC, Guru TKJ SMK Negeri 2 Kota Bandung menggunakan media pembelajaran seperti teks presentasi Power point, yang ditampilkan melalui proyektor, web portal siswa dan praktikum. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru yang bersangkutan, media yang digunakan dirasakan kurang menarik, dan hal tersebut berpengaruh kepada kurang pemahamannya siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan media pembelajaran yang lebih interaktif, dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Metode pengembangan sistem menggunakan Multimedia Development Life Circle (MDLC), sedangkan metode pembuatan aplikasi menggunakan marker. Peletakkan marker pada kartu yang akan diarahkan pada kamera sehingga menghasilkan objek, yaitu: Processor, Harddisk, Mainboard, Power Supply, RAM, VGA Card, DVD Room, juga menampilkan simulasi Perakitan PC. Setelah diadakan pengujian kelayakan sistem menggunakan alpha testing dan beta tesing, aplikasi dinyatakan dapat berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan. Hasil akhir dari penelitian ini berupa Magic Card ajar interaktif untuk mata pelajaran perakitan pc menggunakan teknologi Augmented Reality yang dapat digunakan oleh guru dan siswa yang mampu menampilkan perakitan pc dalam bentuk animasi 3D. untuk pembuatan objek 3 dimensi digunakan Unity 3D, serta digunakan Vuforia sebagai Software library untuk Augmented Reality. Respon pengguna terhadap pengembangan modul ajar interaktif berbasis Augmented Reality untuk pelajaran perakitan pc di SMK Negeri 2 Kota Bandung dikategorikan sangat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Augmented Reality, Marker, Aplikasi, Media Pembelajaran, Perakitan PC, Multimedia Development Life Circle (MDLC)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57990

Actions (login required)

View Item View Item