Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada CV. Karya Mekar

Chandra Wulan, Chyntia (2018) Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada CV. Karya Mekar. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Karya Mekar adalah sebuah perusahaan yang memproduksi CaO (Calcium Oxide) dan CaCO3 (Calcium Carbonat). CV. Karya Mekar berdiri pada tahun 1990, dengan jumlah pegawai sekitar 25 orang yang kemudian pada tahun 2017 meningkat menjadi sekitar 100 orang. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Rojali selaku Manager Umum, terdapat kendala dalam memilih calon pegawai yang tepat dikarenakan jumlah pelamar yang tidak sesuai dengan kekosongan jabatan yang ada. Selain itu, kesulitan juga terjadi pada proses pengambilan keputusan pegawai yang akan mendapatkan promosi jabatan, bonus dan pemberhentian kerja. Kesulitan tersebut disebabkan oleh evaluasi kerja dilakukan hanya berdasarkan absensi dan penilaian pribadi tanpa indikator yang jelas. Selain itu, tidak adanya monitoring pengambilan cuti dan pensiun menyebabkan Manajer Umum kesulitan dalam memutuskan menerima / menolak izin cuti dan mengetahui pegawai yang seharusnya sudah pensiun. Adapun model SIM yang digunakan adalah model POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Pengambilan keputusan untuk seleksi calon pegawai baru menggunakan metode SAW (Simple Additive Weight) sebagai alat bantu, sedangkan untuk evaluasi pegawai menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan hasil pengujian blackbox, UAT (User Acceptence Test) dan pengujian pengguna akhir pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sistem ini cukup membantu perusahaan dalam mengambil keputusan penerimaan calon pegawai, promosi jabatan, pemberian bonus dan pemberhentian kerja pegawai melalui evaluasi kinerja, serta keputusan izin cuti dan monitoring pensiun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Metode AHP, Metode SAW, Model POAC, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57992

Actions (login required)

View Item View Item