Aplikasi Penentuan Rute Penjemputan Dan Pesan Kursi Pada Layanan Pick And Drop Dan Empty Run Di F- Trans Bandung Berbasis Android

Tri Anggoro, Ardian (2018) Aplikasi Penentuan Rute Penjemputan Dan Pesan Kursi Pada Layanan Pick And Drop Dan Empty Run Di F- Trans Bandung Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

F-Trans merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi yang berada di bawah naungan PT. FARISA GLOBAL TOURISTAMA (FGT Group) yang berdiri pada bulan Februari 2015. F-Trans memiliki armada yang berjumlah lebih dari 50 unit lengkap dari mobil kecil, mikro bus, medium bus, big bus yang berkapasitas 2-59 seat dan memiliki wilayah operasi 8 Provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera, DI Jogjakarta dan Bali. Berdasarkan hasil kuisioner kepada 30 pelanggan F-Trans dan wawancara langsung kepada pihak perusahaan F-Trans, didapatkan informasi bahwa dalam reservasi Pick And Drop dan Empty Run pada perusahaan F-Trans Bandung masih menggunakan metode konvensional sehingga pelanggan yang akan melakukan reservasi merasa kesulitan dikarenakan customer service yang sibuk melayani customer lain dan mengakibatkan banyak pelanggan yang membatalkan reservasi, selain itu pada reservasi Empty Run perusahaan belum mempunyai sistem yang dapat mempromosikan layanan tersebut sehingga pelanggan tidak mengetahui informasi ketersediaan armada tersebut dan Sopir F-Trans tidak mengetahui rute penjemputan pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan perlunya membangun perangkat lunak yang dapat membantu permasalahan dalam reservasi dan untuk mempromosikan layanan empty run pada perusahaan F-Trans Bandung yang sudah dipaparkan sebelumnya. Selain itu Sopir F-Trans perlu mengetahui informasi pelanggan maka pada perangkat lunak ini memanfaatkan teknologi A-GPS sebagai media untuk melakukan penentuan lokasi. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode pengujian black box dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak FTransApp telah memenuhi kebutuhan pelanggan dalam melakukan reservasi, mempromosikan layanan Empty Run dan mempermudah Sopir untuk mengetahui informasi pelanggan dalam melakukan penjemputan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelanggan, F-Trans Bandung, Pick And Drop, Empty Run, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57995

Actions (login required)

View Item View Item