Pembangunan Aplikasi Kunjungan Lapangan Dan Nitrogen Analyzer Pada Tanaman Padi Berbasis Mobile Android (Studi Kasus Dinas Pangan Kabupaten Majalengka)

Herdianto, Risa (2018) Pembangunan Aplikasi Kunjungan Lapangan Dan Nitrogen Analyzer Pada Tanaman Padi Berbasis Mobile Android (Studi Kasus Dinas Pangan Kabupaten Majalengka). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang telah lalu, baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, dan lain sebagainya. Dokumentasi biasanya digunakan dalam sebuah laporan pertanggung jawaban dari sebuah acara seperti halnya yang dilakukan oleh pihak Dinas Pangan Kabupaten Majalengka ketika melakukan kegiatan. Dokumentasi yang dihasilkan oleh pihak dinas yaitu dalam bentuk gambar atau foto. Permasalahan yang muncul adalah kurangnya informasi yang didapat dari foto hasil dokumentasi tersebut dan sering kali foto tersebut tercecer dan tidak terorganisir, yang menyebabkan petugas pembuat laporan kesulitan dalam mencari dan mengetahui informasi kegiatan yang dilakukan dari foto tersebut. Disamping itu, seiring perkembangan teknologi, pihak Dinas Pangan Kabupaten Majalengka juga ingin menerapkan teknologi yang dapat membantu petugas dalam menganalisis kebutuhan nitrogen pada tanaman padi, sehingga pemberian pupuk nitrogen yang dilakukan dapat lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini membahas mengenai pembangunan aplikasi berbasis mobile android untuk membantu pihak Dinas Pangan Kabupaten Majalengka dalam mengelola dan melakukan dokumentasi dengan memanfaatkan fitur photo tagging. Aplikasi ini juga dapat menganalisis dan merekomendasikan kebutuhan nitrogen pada tanaman padi berdasarkan warna daun padi tersebut yang ditangkap melalui kamera smartphone pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, baik dari segi pengujian blackbox maupun dari pengujian beta. Dari hasil pengujian akurasi yang dilakukan, tingkat akurasi aplikasi dalam menganalisis dan merekomendasikan kebutuhan nitrogen secara rata-rata adalah 66,67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: android, photo tagging, dokumentasi, analisis nitrogen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57998

Actions (login required)

View Item View Item