Perilaku Komunikasi Kustom Kulture (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Pelaku Kustom Dalam Subkultur Di Kota Bandung)

Fathoni, Harits (2018) Perilaku Komunikasi Kustom Kulture (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Pelaku Kustom Dalam Subkultur Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, dan menganalisa tentang perilaku komunikasi pelaku kustom di kota Bandung dalam berinteraksi dengan sesama pelaku kustom, untuk menjawab penelitian tersebut di angkat tiga sub fokus yaitu komunikasi verbal, komunikasi non verbal dan motif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi dengan informan utama sejumlah empat orang dengan teknik puposive sampling. Data diperoleh melalui observasi non partisipatif, wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahawa perilaku komunikasi para pelaku kustom kulture dapat dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi nonverbal dan motifnya. Pada komunikasi verbal dalam berinteraksi pelaku kustom sering menggunakan bahasa Inggris yang digunakan untuk menujukkan makna tertentu seperti garage, built, riding dan basic. Lalu pada beberapa event ditemukan bahwa kata Local Crafters Pride selalu dipakai sebagai upaya mengenalkan wajah Kustom Kulture di kota Bandung. Sedangkan pada komunikasi nonverbal dapat dilihat dari penampilan fisik berupa pakaian, penggunaan artefak, dan penggunaan warna. Motif yang melatari mereka untuk menjadi pelaku kustom terbagi menjadi dua, yaitu because motive (karena kebiasaan dan lingkungan terdekat) dan in order to motive (karena sudah menjadi pekerjaan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku komunikasi yang dilakukan oleh pelaku kustom memakai slang yang diambil dari bahasa Inggris dalam interaksinya. Para pelaku kustom mengadakan berbagai event dalam upaya menjadi wadah untuk saling apresiasi dan mengenalkan wajah Kustom Kulture di kota Bandung melalui gayanya yang khas. Saran peneliti untuk para pelaku kustom harus bisa paham tentang asal budaya Kustom Kulture secara menyeluruh. Bisa memperkenalkan Kustom Kulture dengan membuat banyak event di kota Bandung sehingga subkultur ini bukan hanya menjadi tren, tetapi menjadi identitas bagi para pelaku kustom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku komunikasi, komunikasi verbal, komunikasi non verbal, motif, kustom kulture dan pelaku kustom
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58004

Actions (login required)

View Item View Item