Pembingkaian Berita Aksi Bela Islam Di Gedung Sate Kota Bandung (Analisis Framing Robert N Entman Berita Aksi Bela Islam Di Gedung Sate Kota Bandung Pada Tribunnews.com Edisi 26 janauri 2017)

Saifurahman, Hafizh (2018) Pembingkaian Berita Aksi Bela Islam Di Gedung Sate Kota Bandung (Analisis Framing Robert N Entman Berita Aksi Bela Islam Di Gedung Sate Kota Bandung Pada Tribunnews.com Edisi 26 janauri 2017). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian pemberitaan Aksi Bela Ulama di Gedung Sate pada Tribunnews.com. Untuk menjawab penelitian ini, peneliti menggunakan empat Tahap yang dijadikan sub-fokus sebagai identifikasi masalah yaitu pendefinisan masalah, perkiraan sumber masalah, penilaian moral permasalahan, serta upaya penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis framing model Robert N. Entman. Model ini digunakan untuk mengetahui cara media massa mengkontruksikan realitas dengan empat Tahap identifikasi masalah. Data penelitian pemberitaan Aksi Bela Ulama di Gedung Sate pada Tribunnews.com menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan seorang wartawan dari Tribunnews.com, yang dipilih karena berhubungan langsung dengan pembuatan berita Aksi Bela Ulama di Gedung Sate Teknik analisis data dilakukan dengan cara penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian dan menganalisa hasil data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tribunnews.com membingkai berita mengenai Aksi Bela Ulama. Memandang aksi tersebut adalah aksi solidaritas dari para pengikut atau santri yang merasa ulamanya didzalimi baik yang dipidanakan ataupun yang mengalami kekerasan. Saran untuk Tribunnews.com tetap terus mempertahankan nilai berita pada setiap informasi yang disajikan. Saran bagi penelitian seterusnya yakni peneliti harus dapat menguasai analisis framing dan permasalahan berita dengan baik untuk pemahaman berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing, Roberth N Ethman, Tribunnews.com
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58005

Actions (login required)

View Item View Item