Pola Komunikasi Guru Pada Murid Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDN Pasirkaliki Mandiri 1 Cimahi (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Guru Pada Murid Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDN Pasirkaliki Mandiri 1 Cimahi Dalam kegiatan Belaj

Iwan Satriawan, Asep (2018) Pola Komunikasi Guru Pada Murid Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDN Pasirkaliki Mandiri 1 Cimahi (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Guru Pada Murid Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SDN Pasirkaliki Mandiri 1 Cimahi Dalam kegiatan Belaj. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru pada murid berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SDN Pasirkaliki Mandiri 1 Cimahi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini membahas pola komunikasi dilihat dari proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan design penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik purposive diperoleh informan sebanyak 2 (dua) orang, dan informan pendukung sebanyak 2 (dua) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian: 1) Proses Komunikasi guru pada murid berkebutuhan khusus terdapat komunikasi primer yaitu penggunaan bahasa Indonesia, Sunda dan bahasa isyarat. Serta komunikasi sekunder yaitu penggunaan media alat peraga dalam kegiatan belajar seperti buku, papan tulis mainan dan lain-lain. 2) Hambatan Komunikasi guru pada murid terdapat beberapa hambatan. Hambatan personal seperti emosi yang cukup tinggi, kurang menyimak saat belajar, pesan yang disampaikan guru kurang dimengerti. Hambatan fisik yaitu dalam kegiatan belajar murid mengganggu proses belajar, bermain-main dikelas dan menangis saat belajar. Hambatan semantik yaitu simbol-simbol yang diinstruksikan guru tidak dimengerti, terjadi kesalah pahaman saat guru memberi pelajaran pada murid. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi guru pada murid berkebutuhan khusus dilihat dari proses komunikasi dalam penyampaian materi secara dua arah, sehingga mendapat tanggapan dan umpan balik secara langsung dari para murid akan tetapi hambatan selalu terjadi. Saran untuk para guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk lebih menyampaikan pembelajara dan pengetahuan kepada murid berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58016

Actions (login required)

View Item View Item