Aktivitas Komunikasi Pada Acara Mitoni Di Desa Layansari (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Pada Acara Mitoni Di Desa Layansari Kecamatan Gandrung Mangu Kabupaten Cilacap Memohon Keselamatan Ibu Dan Anak )

Laelatul Radiana, Isnaeni (2018) Aktivitas Komunikasi Pada Acara Mitoni Di Desa Layansari (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Pada Acara Mitoni Di Desa Layansari Kecamatan Gandrung Mangu Kabupaten Cilacap Memohon Keselamatan Ibu Dan Anak ). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam mengenai Aktivitas Komunikasi Pada Acara Mitoni di Desa Layansari. Ada pun fokus masalah Peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif pada Acara Mitoni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Tradisi Etnografi komunikasi. Informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang, 1 informan kunci dan 3 informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi literatur, internet searching, dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Situasi Komunikatif yang terdapat dalam acara Mitoni ini dilaksanakan di Desa Layansari tepatnya di rumah ibu hamil. Peritiwa Komunikatif dalam acara Mitoni yaitu sebagai Tradisi kebudayaan yang dilakukan oleh seorang ibu hamil yang usia kandungannya sudah tujuh bulan untuk memohon keselamatan bagi ibu dan anak, sedangkan Tindak Komunikatif dalam acara Mitoni ialah tindakan yang mewujudkan perilaku verbal dan nonverbal sebagai ekspresi rasa syukur dan memohon keselamatan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi pada Acara Mitoni diwariskan turun temurun oleh leluhur mereka untuk mewujudkan rasa hormat kepada leluhur, serta memohon keselamatan bagi ibu dan anak. Saran dari peneliti agar acara Mitoni selalu dijalankan ketika seorang ibu hamil yang usia kandungannya sudah tujuh bulan untuk memohon keselamatan dan juga untuk melestarikan kebudayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Acara Mitoni, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindak Komuniktif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58018

Actions (login required)

View Item View Item