Pembingkaian Berita Debat Calon Walikota Cimahi Tahun 2017 (Analisis Framing Robert N. Entman Tentang Pembingkaian Berita Debat Calon Walikota Cimahi Tahun 2017 Pada Media Online Pikiran Rakyat.Com dan Jabar. Tribunnews.Com Edisi 1-2 Februari 2017)

Indriani, Noviati (2018) Pembingkaian Berita Debat Calon Walikota Cimahi Tahun 2017 (Analisis Framing Robert N. Entman Tentang Pembingkaian Berita Debat Calon Walikota Cimahi Tahun 2017 Pada Media Online Pikiran Rakyat.Com dan Jabar. Tribunnews.Com Edisi 1-2 Februari 2017). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu media membingkai dan mengkonstruksikan realitas berita mengenai Debat Calon Walikota Cimahi Tahun 2017 di pikiran-rakyat.com dan jabar.tribunnews.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis framing Robert N. Entman, berfokus pada bagaimana mendefinisikan suatu masalah, apa/siapa penyebab masalah, keputusan moral apa yang terdapat dalam berita tersebut dan apa penyelesaian yang ditawarkan oleh wartawan. Framing ini digunakan untuk mengetahui bagaimana media massa mengkonstruksikan realitas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, studi pustaka dan penelusuran data online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Online Pikiran Rakyat dan Media Online Tribun Jabar membingkai berita Debat Calon Walikota Cimahi Tahun 2017 dalam pendefinisian masalah kedua Media Online tersebut memiliki kesamaan isu dan masalah yang sama. Memperkirakan penyebab masalah pada kedua Media Online tersebut berbeda, penyebab masalah pada Media Online Pikiran Rakyat adalah isu yang dibahas terlalu luas, keterbatasan waktu dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan pasangan calon kepada masyarakat, penyebab masalah pada Media Online Tribun Jabar adalah tidak adanya pemaparan yang jelas dan terarah, pasangan calon tidak bisa memberikan inovasi baru untuk Kota Cimahi. Simpulan dari penelitian ini bahwa pembingkaian berita yang dilakukan oleh kedua Media Online tersebut, memandang realita di lapangan dengan sudut pandang pada realita sehingga memiliki isu dan penonjolan aspek yang berbeda. Pemilihan isu dan penonjolan aspek yang dilakukan untuk mengkonstruksi masyarakat terhadap realita yang terjadi. Saran dari penelitian ini adalah Media Online Pikiran Rakyat dan Media Online Tribun Jabar dapat terus menjaga keseimbangan berita dari peristiwa yang diangkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian, Analisis Framing, Berita, Media Online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58020

Actions (login required)

View Item View Item