Pola Komunikasi Volunteer Komunitas Rumah Bintang (Rubin) Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Rubin Bandung Dalam Memotivasi Semanget Belajar Peserta Didik)

Satrio Adhi Utomo, Yudistira (2018) Pola Komunikasi Volunteer Komunitas Rumah Bintang (Rubin) Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Rubin Bandung Dalam Memotivasi Semanget Belajar Peserta Didik). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Pola Komunikasi Volunteer Komunitas Rumah Bintang (RUBIN) Bandung Dalam Memotivasi Semangat Belajar Peserta Didik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Proses komunikasi, dan Hambatan komunikasi di Komunitas Rumah Bintang (RUBIN) Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang peneliti gunakan adalah purposive sampling, lalu diperoleh informan kunci berjumlah 3 (tiga) orang dan informan pendukung 2 (dua) orang. Pencarian data diperoleh dari studi pustaka yaitu dengan penelusuran data online dan studi literatur, serta studi lapangan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan juga dokumentasi di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi volunteer komunitas rumah bintang melalui tahap-tahap pendekatan adanya saling akrab dan keterbukaan antara, volunteer dan peserta didik. Proses komunikasi mengajarnya dilakukan dengan santai dan cenderung lebih dominan menggunakan bahasa sunda dan terkadang bahasa indonesia, dan menggunakan alat bantu media terkait penyampaian pesan kepada peserta didik. Hambatan Komunikasi yang kerap terjadi yaitu Hambatan ��in tune��, terdapat pula hambatan semantik adanya feedback dari peserta didik, kepada volunteer . Dan juga terdapat hambatan psikologis, volunteer lebih sabar dalam mengatasi hambatan tersebut. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa Pola komunikasi antara volunteer dan peserta didik dapat dilihat dari proses komunikasi volunteer yaitu dalam kegiatan belajar kepada peserta didik. volunteer selalu mengarahkan dan memberikan penuh perhatian terhadap peserta didik dalam memotivasi semangat belajar, dan volunteer telah bekerja semaksimal mungkin, dengan memberikan pendidikan yang bersifat non formal cenderung fleksibel, seperti sedang bermain berbagi keceriaan di rumah bintang, saling bertukar informasi antara volunteer dengan peserta didik. Yang terakhir informasi bersifat umum seperti humor, keluarga, anak, dunia hiburan. Saran komunikasi yang dilakukan volunteer mentor sudah baik dan lebih dipertahankan dengan tambahan-tambahan pada materi yang difokuskan. komunikasi volunteer lebih di tingkatkan agar peserta didik dapat serius menyimak materi yang di berikan, dan tidak terjadi perbedaan pendapat dari kedua pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, volunteer, komunitas, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Memotivasi Semangat Belajar, Rumah Bintang, Rubin, Peserta Didik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58021

Actions (login required)

View Item View Item