Realitas Sosial Dalam Lirik menanti Arah (Analisis Semiotik Roland Barthes Mengenai Realitas Sosial Dalam Lirik Menanti Arah karya Glenn Pada Sundtrack Film Surat Dari Praha)

Purnamasari, Winda (2018) Realitas Sosial Dalam Lirik menanti Arah (Analisis Semiotik Roland Barthes Mengenai Realitas Sosial Dalam Lirik Menanti Arah karya Glenn Pada Sundtrack Film Surat Dari Praha). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna realitas sosial yang ada di dalam lirik lagu Menanti Arah, sebagai salah satu soundtrack film Surat dari Praha yang mengisahkan kehidupan Eksil di kota Praha, dan lagu Menanti Arah menjadi penggambaran untuk perasaan Eksil melalui lirik-lirik di dalam lagu tersebut. Agar mencapai tujuan dari penelitian ini maka dimunculkan pertanyaan mengenai bagaimana makna denotatif, konotatif, dan mitos yang ada dalam lirik dengan berfokus pada analisis semiotika Roland Barthes sebagai desain penelitian. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis sebagai pendekatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah mengumpulkan studi pustaka berupa buku-buku, dokumentasi baik video maupun jurnal dan internet searching. Hasil penelitian dilihat dari tiga makna yang menyertai lirik Menanti Arah, yakni denotasi, konotasi dan mitos. Makna denotasi menghasilkan pengertian seseorang yang menerima ketidakadilan sehingga hak-haknya dicabut dan harus berjuang melawan keadaan yang terjadi. Makna konotasi dari realitas sosial dalam lirik adalah adanya ketidakadilan yang masih terjadi di Indonesia yang sudah terlupakan, terutama dalam penggambaran film bahwa ketikadilan itu terjadi pada orang-orang yang sangat mencintai negerinya, namun mereka diperlakukan tidak adil sehingga harus terlunta-lunta di negeri orang, mengharapkan kehidupan yang lebih baik. Kemudian mitos yang ada yakni berkaitan dengan rasa nasionalis jarak jauh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perasaan dari ketidakadilan yang terjadi dan berharap akan adanya sebuah perubahan atau kehidupan yang lebih baik lagi secara bijaksana dan merata. Dikarenakan ada kematian pengarang, maka penelitian semiotika Barthes diperlukan ketekunan dan interpretasi dari peneliti sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Realitas Sosial, Lirik Menanti Arah, Denotasi, Konotasi, Mitos
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58022

Actions (login required)

View Item View Item