Tinjauan Visual Citra Perempuan Pada Iklan Telekomunikasi Melalui Teori Semiotika Charles Sanders Peirce (studi Kasus: Iklan Cetak XL Tahun 2007, 2008, dan 2011)

Sandhika Akbar, Muhammad (2018) Tinjauan Visual Citra Perempuan Pada Iklan Telekomunikasi Melalui Teori Semiotika Charles Sanders Peirce (studi Kasus: Iklan Cetak XL Tahun 2007, 2008, dan 2011). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penggunaan figur perempuan untuk iklan telah ada dalam sejarah periklanan, perempuan dicitrakan dalam iklan sebagai objek penarik perhatian untuk mendukung suatu produk yang dipasarkan. Fenomena tersebut terjadi hingga saat ini, yang mana provider telekomunikasi juga menggunakan figur perempuan dalam iklanya. Seperti apa perempuan dicitrakan dalam iklan telekomunikasi tersebut sangat menarik untuk tinjau, terutama pada iklan cetak XL, terdapat tiga iklan cetak yang menggunakan figur perempuan sebagai penarik perhatian, dan digunakan untuk mendukung produk. Secara visual, figur perempuan ditonjolkan sebagai objek pemikat, dan dikaitkan dengan keberadaan teks atau pencantuman harga produk yang dijangkarkan pada figur perempuan, hal ini mendapatkan reaksi atau memunculkan sebuah persepsi dari masyarakat, tentang bagaimana citra perempuan disajikan pada iklan tersebut. Iklan dianalisis menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce untuk menelaah hubungan visual antara figur perempuan sebagai objek, dan relasinya dengan keberadaan teks, juga unsur visual lainya melalui tanda-tanda yang terdapat dalam visual iklan. Disamping itu pengumpulan data berupa kuesioner dilakukan untuk mendukung penelitian, agar mengetahui bagaimana pesan disampaikan melalui tanda-tanda visual, seperti apa perempuan ditampilkan dan dicitrakan dalam iklan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Telekomunikasi, Citra, Perempuan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58057

Actions (login required)

View Item View Item