Efektivitas perlindungan Hukum Hak Cipta Bagi Pihak Yang hasil Potretnya Digunakan Dan Disebarluaskan Pada Buku Untuk Tujuan Komersial Tanpa Izin Dikaitkan Dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

Pratomo, Okky (2018) Efektivitas perlindungan Hukum Hak Cipta Bagi Pihak Yang hasil Potretnya Digunakan Dan Disebarluaskan Pada Buku Untuk Tujuan Komersial Tanpa Izin Dikaitkan Dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Potret adalah salah satu ciptaan dari kemampuan intelektual manusia yang dihasilkan oleh seorang fotografer merupakan karya cipta yang menghasilkan keuntungan memiliki nilai ekonomis. Permasalahan yang diangkat peneliti ini timbul karena potret yang dihasilkan dan digunakan oleh orang lain tanpa seizin dari pencipta terlebih dahulu. Perbuatan tersebut menimbulkan kerugian bagi fotografer apabila potret yang diambil tanpa izin digunakan untuk perbuatan komersial karena tidak adanya royalti bagi fotografer. Skripsi ini akan membahas mengenai bagaimana pengaturan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, bagaimana efektivitas perlindungan hukum atas karya cipta potret serta bagaimana upaya hukum pemilik potret dalam penyelesaian sengketa atas pelanggaran hak cipta atas potret. Penelitian yang dilakukan menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis, yaitu menggambarkan peraturan-peraturan yang berlaku, dikaitkan dengan teori hukum dan pelaksanaannya menyangkut permasalahan yang diteliti tentang penggunaan potret tanpa izin. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kepustakaan dan hasil penelitian lapangan menggunakan metode yuridis kualitatif kemudian dianalisis secara deskriptif analitis tinjauan yuridis terhadap penggunaan potret tanpa izin dikaitkan denagan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa suatu karya, diantaranya potret dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta sebagaimana disebutkan dalam Pasal 40 ayat (1) huruf l Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Sanksi atas pelanggaran penerbitan ciptaan tanpa izin untuk tujuan komersial diatur dalam Pasal 113 ayat (3) UndangUndang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Pencipta dan pemegang hak cipta dapat melakukan upaya hukum atas perbuatan tersebut dengan cara litigasi dan non litigasi. Melalui cara litigasi dapat melakukan delik aduan diajukan ke kepolisian tuntutan ke Pengadilan Negeri atau gugatan ganti rugi ke Pengadilan Niaga. Sedangkan cara non litigasi melalui alternatif penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Perlindungan hukum, Potret
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Hukum > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58086

Actions (login required)

View Item View Item