Model Analytic Hierarchy Process Pada Ev aluasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Bidik Misi: Studi Kasus Kopertis Wilayah IV

Gumilar, Agus (2018) Model Analytic Hierarchy Process Pada Ev aluasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Bidik Misi: Studi Kasus Kopertis Wilayah IV. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Studi ini secara khusus menerapkan metode AHP (analytic hierarchy process) dalam kepentingan perumusan dan pengambilan keputusan dalam penetapan kuota Program Bidik Misi bagi perguruan tinggi swasta, dengan tujuan menggali faktor yang dapat dijadikan kriteria dalam mengevaluasi perguruan tinggi penyelenggara Program Bidik Misi, apakah layak ditambah, dikurangi atau bahkan ditolak menerima kuota Program Bidik Misi. Studi ini mengambil kasus Kopertis Wilayah IV, khususnya perguruan tinggi swasta penyelengara program bidik misi yang ada di Kopertis Wilayah IV. Diharapkan melalui studi ini dapat dirancang dan dikembangkan sebuah model evaluasi perguruan tinggi penyelenggara Program Bidik Misi, sehingga dapat membantu para pengambil kebijakan dalam proses pengambilan keputusan yang obyektif sesuai dengan prinsip 3-T (Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu), agar ada alat kontrol dan tidak terjadi bias dalam pemberian alokasi beasiswa di tahun yang akan datang. Metode studi ini mencakup metode pengambilan data dan metode analisis. Untuk pengambilan data, studi ini menggunakan metode kuisener yang berisi pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan dengan faktor yang digunakan untuk mengevaluasi perguruan tinggi penyelenggara program bidikmisi. Total pertanyaan dalam kuisener sebanyak 18 buah. Kuisener dibagikan kepada responden secara acak yang berjumlah sekitar 45 orang yag terbagi dalam berbagai golongan seperti petugas pengelola bidikmisi Kopertis Wilayah IV, pengajar perguruan tinggi, petugas pengelola bidikmisi di perguruan tinggi. Hasil kuisener yang berupa jawaban dari responden lalu direkapitulasi dan dicari jawaban dominan untuk tiap pertanyaan. Jawaban dominan selanjutnya diberi nilai berdasarkan skala penilaian dari Saaty. Nilai-nilai tersebut selanjutnya dibentuk matriks-matriks dengan pola-pola tertentu. Metode AHP kemudian diterapkan untuk menganalisa matriks-matriks tersebut. Hasil dari perhitungan dengan metode AHP berupa vektor eigen dimana tiap nilai dalam vektor menunjukan nilai dari alternatif yang diajukan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil-hasil sebagai berikut: 1) Diantara faktor terkendali yang disertakan dalam analisis, faktor tepat sasaran dianggap paling penting dalam mengevaluasi perguruan tinggi penyelenggara program bidikmisi, 2) Diantara faktor tak terkendali, faktor ketaatan perguruan tinggi dianggap merupakan faktor paling penting dalam mengevaluasi perguruan tinggi pnyelenggara program bidikmisi, 3) Hasil analisis akhir berdasarkan 9 faktor yang dilibatkan menunjukan bahwa hasil bobot terbesar pada kriteria tepat sasaran, dan sub faktor ketaatan perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analytic Hierarchy Process, Bidik Misi, Evaluasi perguruan tinggi, 3-T, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58117

Actions (login required)

View Item View Item