Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Kelas XI Di SMA Negeri 1 Baleendah Berbasis Desktop

Nurdiansyah, Luky (2018) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Kelas XI Di SMA Negeri 1 Baleendah Berbasis Desktop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan Lingkungan Hidup mempelajari permasalahan lingkungan khususnya masalah dan pengelolaan pencemaran, kerusakan lingkungan serta sumber daya dan konservasi. Mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan salah satu mata pelajaran kelas XI di SMA Negeri 1 Baleendah. Beberapa kasus simulasi yang terdapat dalam materi Pendidikan Lingkungan Hidup belum tergambarkan dengan baik oleh guru, karena masih digambarkan secara singkat dipapan tulis. Kemudian materi pelajaran yang disampaikan kurang interaktif, karena metode pembelajaran yang sedang berjalan saat ini hanya berjalan secara konvensional. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan aplikasi yang dibangun menggunakan metode pembangunan multimedia menurut Sutopo dan juga dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif CAI (Computer Assisted Instruction), yang bertujuan untuk menangai permasalahan yang terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar Pendidikan Lingkungan Hidup. Model CAI yang digunakan terdiri dari tiga, yakni model Tutorial, Simulation, dan Drills and Practice. Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi, terdiri dari materi, video, simulasi dan latihan soal. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru Pendidikan Lingkungan Hidup menyatakan bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mensimulasikan 10 kasus materi Pendidikan Lingkungan Hidup. Kemudian dari hasil pretest dan posttest terhadap 40 siswa kelas XI mendapatkan hasil pretest dan posttest dengan hasil presentase kenaikan nilai rata-rata sebesar 10% dan dari hasil kuesioner dengan hasil presentase sebesar 77% yang menyatakan menyetujui dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Lingkungan Hidup, Multimedia, Computer Assisted Instruction
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58125

Actions (login required)

View Item View Item