Implementasi Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Dan Penanganan Kesejahteraan Sosial Di Kota Bandung (Studi pada pengemis, gelandangan, dan Anak jalanan)

Basalona Kaban, Edwin (2018) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Dan Penanganan Kesejahteraan Sosial Di Kota Bandung (Studi pada pengemis, gelandangan, dan Anak jalanan). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena merebaknya pengemis, gelandangan, dan anak jalanan telah menjadi masalah tersendiri bagi pemerintah maupun masyarakat yang memberikan citra buruk dan merusak keindahan Kota Bandung. Fokus penelitian ini adalah Pengemis merupakan seseorang yang meminta kepada orang lain dikarenakan membutuhkan uang, makanan, tempat tinggal dan lainnya, Gelandangan yang merupakan seseorang yang menggembara ditempat umum yang tidak mempunyai tempat tinggal dan Anak jalanan yang merupakan anak yang dibawah 18 Tahun yang meminta-minta dijalanan dan tinggal diwilayah yang tidak memadai. Studi mengenai Impelementasi Kebijakan ini mengacu pada teori Implementasi Kebijakan menurut George C. Edward III dimana ada empat faktor pendukung menentukan keberhasilan kebijakan yaitu : Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pustaka, observasi pada lokasi penelitian yaitu di Dinas Sosial Kota Bandung dengan melakukan wawancara terhadap 8 informan sebagai Masyarakat serta 2 aparatur dari Dinas Sosial Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menganalisa data dan melakukan pengamatan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Penelitian dimaksudkan untuk memberikan gambaran dari Implementasi Kebijakan Dinas Sosial Kota Bandung dalam kegiatan Penyelenggaraan dan Penanganan Kesejahteraan Sosial di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan penanganan pengemis, gelandangan, dan anak jalanan di Kota Bandung dilaksanakan melalui pelaksanaan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Penanganan Kesejahteraan Sosial di kota Bandung yang belum semua masyarakat mengetahui dan masih kurangnya aparatur yang bertugas sehingga belum cukup efektif dikarenakan masih adanya terlihat pengemis, gelandangan, dan anak jalanan disekitaran Jln. Dr. Djunjunan Pasteur Bandung dan Jln. Cihampelas Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Impelementasi, Pengemis, Gelandangan, dan anak jalanan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58139

Actions (login required)

View Item View Item