Evaluasi Kualitas Website Aeroticket Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus Di PT.X)

Permatasari Sari, Dian (2018) Evaluasi Kualitas Website Aeroticket Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus Di PT.X). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Aeroticket merupakan sistem ticketing yang melayani jasa penerbangan, travel (bus dan kereta api), pulsa, payment dan lain-lain bagi anggotanya yang terdaftar sebagai agen dan dapat dilakukan pada berapa tempat di indonesia. Penggunaan website yang seiring waktu terus meningkat sehingga pentingnya perhatian tentang pengembangan web seperti metode evaluasi untuk memperoleh informasi yang dipercaya. Adapun permasalahan yang ada pada Aeroticket yaitu kebutuhan terhadap kenaikan traffic bagi pengunjung website, perlunya peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja system diantaranya; kurang cepat tanggap respone e-mail dan team support terhadap pelanggan, pelayanan top up, pengisian deposit yang tidak 1x24 jam dan upgrade notification, serta harga yang masih dirasa belum kompetitif terhadap pesaing sejenisnya. Pada penelitian ini peneliti memanfaatkan 147 data populasi dengan survey online dan 30 data sampel diambil secara acak berdasarkan kebutuhan bisnis terhadap agen, observasi dan wawancara terhadap orang-orang terkait di Aeroticket. Data yang didapat akan diolah dengan bantuan statistik menggunakan aplikasi SPSS 20 dengan metode WebQual 4.0 dan model analisis regresi berganda yang diharapkan membantu dalam tahapan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas website pada usability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas website pada information Quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) Kualitas website terhadap interaction quality berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya jika kualitas website pada aeroticket meningkat maka kepuasan pelanggan juga meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas website, Kepuasan Pelanggan, Regresi Berganda, Webqual.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58140

Actions (login required)

View Item View Item