Perencanaan Arsitektur Enterprise Kantor Wilayah Kementrian Agama Menggunakn Framework Togaf ADM (Studi Kasus: Subbagian Informasi Dan Hubungn Masyarakat Kantor Wilyah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat)

Hermawan, Yudi (2018) Perencanaan Arsitektur Enterprise Kantor Wilayah Kementrian Agama Menggunakn Framework Togaf ADM (Studi Kasus: Subbagian Informasi Dan Hubungn Masyarakat Kantor Wilyah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kementerian Agama merupakan salah satu kementerian pada pemerintah Indonesia yang memiliki perwakilan di setiap provinsi yang disebut dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Pemanfaatan sistem informasi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat saat ini belum optimal dalam mendukung tugas dan fungsi organisasi. Sistem informasi yang ada hanya menunjang sebagian kecil tugas dan fungsi yang ada, serta belum terintegrasi antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya, sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan organisasi secara keseluruhan. Sekarang ini arsitektur enterprise untuk mendukung proses bisnis belum ada, tetapi sebagian aplikasi pendukungnya sudah ada dan masih berjalan secara masing-masing. Pimpinan kantor harus membaca banyak surat kabar dan majalah untuk mengetahui berita keagamaan yang uptodate, selain itu pimpinan kantor juga sulit mengetahui data keagamaan dan pendidikan yang uptodate. Penelitian dan penulisan tesis ini, menggunakan metodologi sebagai acuan langkah-langkah yang akan dilakukan. Metodologi utama yang digunakan dalam melakukan perancangan arsitektur ini menggunakan The Open Group Architecture Framework (TOGAF) dengan metode ADM (Architecture Development Method). Tesis ini menekankan pada 6 tahap pertama yaitu Visi Arsitektur, Pemodelan Arsitektur Bisnis, Pemodelan Arsitektur Sistem Informasi, Pemodelan Arsitektur Teknologi, Peluang dan Solusi, dan Perencanaan Migrasi.Hasil perancangan ini didapatkan sebuah sistem yang terintegrasi yang menghasilkan proses bisnis secara menyeluruh (terintegrasi di seluruh unit organisasi). Permasalahan belum adanya dukungan Teknologi Informasi dalam mengakomodasi pelaksanaan proses bisnis di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dapat diselesaikan. Data dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat, tepat, dan akurat. Sistem yang terintegrasi ini terdiri dari empat aplikasi, yaitu aplikasi press rilis, aplikasi Dokumentasi, aplikasi kliping berita, dan aplikasi Data Kanwil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TOGAF-ADM, arsitektur, enterprise, uptodate.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58376

Actions (login required)

View Item View Item