Pola Komunikasi Pengajar Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia Bergerak Bandung Dalam Menanamkan Nilai Nilai Pancasila Pada Anak Di Pedesaan Kabupaten Bandung Barat

Nurman Arbani, Muhamad (2018) Pola Komunikasi Pengajar Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia Bergerak Bandung Dalam Menanamkan Nilai Nilai Pancasila Pada Anak Di Pedesaan Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia Bererak Bandung dalam menanamkan nilai nilai Pancasila pada anak di Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat yang diketahui melalui proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi, pencarian internet dan didukung oleh studi pustaka serta triangulasi data. Informan berjumlah 3 orang yang dipilih melalui teknik purposif sampling. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses komunikasi LSM Indonesia Bergerak dilakukan secara primer dan sekunder. Komunikasi primer dilakukan melalui Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah (Sunda) dengan gaya informal, sedangkan komunikasi sekunder dilakukan melalui gambar, papan tulis, video, alat peraga. 2)Hambatan komunikasi LSM Indonesia Bergerak pada umumnya adalah sulitnya berbahasa sunda dengan baik kepada anak anak di Desa Cangkorah. Saran untuk para anggota Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia Bergerak Bandung adalah lebih menarik lagi dan lebih aktif lagi berinteraksi kepada anak anak dan lebih melatih lagi Bahasa Daerah (sunda) untuk menunjang kinerja dari LSM Indonesia Bergerak dalam pembelajaran pada anak desa di Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Pola Komunikasi, LSM Indonesia Bergerak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58379

Actions (login required)

View Item View Item