Sistem Informasi Distribusi Suku Cadang Kendaraan Bermotor Di CV. Harapan Baru Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management (SCM)

Fakhru Zaman, Fanji (2018) Sistem Informasi Distribusi Suku Cadang Kendaraan Bermotor Di CV. Harapan Baru Dengan Pendekatan Metode Supply Chain Management (SCM). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV.Harapan Baru merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi suku cadang kendaraan bermotor. Proses perencanaan pengadaan di CV.Harapan Baru masih menggunakan intuisi dan tidak diperkirakan jumlah pastinya, sehingga ketika permintaan pemesanan dari pelanggan meningkat dapat menyebabkan kekurangan stok produk di gudang. Ketidakpastian pesanan produk dari pelanggan mengakibatkan kepala bagian gudang kesulitan dalam memperkirakan jumlah produk yang harus dipesan kepada supplier. Proses pendistribusian dilakukan dalam waktu dan jumlah yang berbeda di setiap periodenya, sehingga kepala bagian pemasaran kesulitan dalam menentukan rute terdekat dari pelanggan, hal ini dapat menyebabkan proses pendistribusian terhambat. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka solusi yang diusulkan adalah dengan membangun Sistem Informasi Distribusi Suku Cadang Kendaraan Bermotor di CV.Harapan Baru Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management. Tujuanya adalah memudahkan kepala bagian gudang dalam merencanakan pengadaan produk ke supplier, serta memudahkan kepala bagian pemasaran dalam menentukan rute terdekat dari pelanggan saat proses pendistribusian. Metode peramalan yang digunakan dalam penelitian adalah Single Exponential Smoothing dengan Mean Square Error, metode pengendalian persediaan produk di gudang menggunakan Safety Stock, metode penentuan rute terdekat menggunakan metode Savings Matrix. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah membantu kepala gudang dalam merencanakan pengadaan produk ke supplier, tetapi dalam menentukan rute terdekat dalam sistem belum bekerja secara baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, single exponential smoothing, Safety Stock, Savings Matrix, Sistem Informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58394

Actions (login required)

View Item View Item