Image Enhhancement Dengan Metode Median Filter Dan Multiscale Retinex With Color Restoration Pada Dataset Video

Supriyanto, Agus (2018) Image Enhhancement Dengan Metode Median Filter Dan Multiscale Retinex With Color Restoration Pada Dataset Video. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Video sebagai salah satu media penyimpan informasi, dimana video terbentuk dari kumpulan gambar yang bergerak terhadap ketetapan satuan waktu tertentu atau disebut frame per second (fps). Informasi yang terkandung dalam video dapat berkurang bila kualitas video kurang baik. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan kualitas video menggunakan metode Median Filter dan Multiscale Retinex with Color Restoraion (MSRCR). Median Filter digunakan untuk mengurangi derau dan MSRCR digunakan untuk mengatur kecerahan video. Pada penelitian ini dataset yang digunakan yaitu rekaman video CCTV. Proses yang dilakukan yaitu melakukan reduksi derau dengan Median Filter, dilanjutkan dengan metode MSRCR. terdapat beberapa tahapan pada metode MSRCR yaitu, Gaussian Surround, Single Scale Retinex, Multiscale Retinex, Color Restoration dan Multiscale Retinex with Color Restoration. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengujian funsionalitas dan pengujian metode. Pengujian metode menggunakan nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) dan penghitungan waktu proses. Nilai PSNR dihitung dengan perhitungan rat-rata, dikarenakan nilai PSNR pada setiap frame berbeda-beda namun tidak signifikan. Berdasarkan hasil pengujian nilai PSNR tertinggi yang didapatkan adalah 19.6088 dB dengan waktu proses tercepat yaitu �± 4 menit, dengan hasil yang lebih cerah dan warna yang mendekati warna asli. Namun masih terdapat sedikit derau yang terlihat. Adapun yang dapat terlihat dari pengujian adalah Nilai PSNR dan gambar tidak akan berubah jika nilai Beta jauh melebihi nilai Alpha, sehingga jika nilai Alpha lebih besar dari Beta maka akan menghasilkan video yang lebih tajam dan lebih cerah serta warna dapat dikembalikan mendekati warna asli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Kualitas Video, Median Filter, Multiscale Retinex With Color Restoration, Restorasi Warna, PSNR
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58395

Actions (login required)

View Item View Item