Sistem Informasi Manajemen Pengiriman LPG Di PT. Enam Saudra Abadi

Mulyono, Nugraha (2018) Sistem Informasi Manajemen Pengiriman LPG Di PT. Enam Saudra Abadi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Enam Saudara Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman gas LPG 3 kg. Permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan adalah tidak adanya perencanaan dalam pembuatan rute pengiriman serta tidak mempertimbangkan jumlah pengadaan yang akan dilakukan. Sehingga terjadi permasalahan dalam menentukan pengalokasian untuk masing-masing sub penyalur secara merata sesuai dengan masing-masing kebutuhan terhadap kontrak. Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengiriman menjadi pilihan yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut karena fungsi dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengiriman itu sendiri adalah untuk mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan pengiriman dari kebutuhan barang yang dibutuhkan untuk dikirimkan sampai penjadwalan pengiriman dan rute pengiriman. Metode yang digunakan pada sistem yang dibangun yaitu dengan metode PDSA (Plan, Do, Study, Act) dengan menerapkan Capatitated Vehicle Routing Problem (CVRP) untuk mencari rute pengiriman.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah dapat membantu perusahaan dalam proses pengalokasian terhadap jumlah pengadaan barang yang dilakukan perusahaan untuk setiap periodenya secara tepat dan merata, sistem ini juga telah dapat membantu dalam menentukan rute pengiriman berdasarkan jarak dan muatan maksimum kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Pengiriman, PDSA (Plan, Do, Study, Act), CVRP (Capatitated Vehicle Routing Problem), Single Moving Average, Saving Matrix.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58400

Actions (login required)

View Item View Item