Svm Untuk Coreference Resolution Bahasa Indonesia Yang Mengandung Entitas Jamak

Muhammad Husni, Syifa (2018) Svm Untuk Coreference Resolution Bahasa Indonesia Yang Mengandung Entitas Jamak. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Coreference Resolution berfungsi untuk menemukan dua ungkapan bahasa alami yang merujuk pada entitas yang sama. Pada penelitian sebelumnya, Coreference Resolution digunakan untuk mengidentifikasi kata ganti tunggal dan entitas nama seseorang. Data masukan yang digunakan adalah teks novel berbahasa Indonesia. Dalam sebuah novel akan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dan orang-orang di sekelilingnya.Sehingga kata ganti untuk orang bukan hanya kata ganti tunggal, namun juga terdapat banyak orang yang sedang diceritakan atau kata ganti jamak. Sehingga pada penelitian ini akan dibuat Coreference Resolution dengan kata ganti jamak dan kata ganti pada teks berbahasa Indonesia dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) agar dapat dapat mengukur hasil akurasi yang dihasilkan ketika kata jamak teridentifikasi. Adapun data masukan yang akan diolah, akan melalui tahap preprocessing hingga ekstraksi fitur untuk mendapatkan format SVM yang akan digunakan pada metode SVM, Pada penelitian ini terdapat 7 fitur yang digunakan untuk mendeteksi Coreference Resolution diantaranya i-pronoun, j-pronoun, i-propernoun, jpropernoun, distance of string, distance of word dan string match. Berdasarkan hasil pengujian, nilai rata-rata akurasi yang didapat pada penelitian ini adalah sebesar 61.41%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Coreference Resolution, Suppport Vector Machine, Natural Language Processing, POSTAG, Text Mining.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58408

Actions (login required)

View Item View Item