Pembangunan Sistem Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di PT. Sarhif Brothers

Saputra, Romadan (2018) Pembangunan Sistem Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management Di PT. Sarhif Brothers. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. SARHIF BROTHERS (SHB) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan pengolahan hasil bumi berupa biji kopi dan lada hitam. Berdasarkan hasil wawancara, permasalahan yang sedang dihadapi yaitu Kepala Gudang mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah bahan baku yang dibutuhkan dikarenakan bahan baku bersifat musiman dan proses pengadaan bahan baku yang sifatnya menunggu supplier untuk menjual barangnya, sehingga jumlah pasokan bahan baku tidak menentu. Selain itu Manager Administrasi & Keuangan mengalami kesulitan dalam menentukan jadwal pengiriman dikarenakan jumlah permintaan yang tinggi dalam 1 kontraknya dan keterbatasan kendaraan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, solusinya adalah bagaimana membangun sistem informasi dengan menggunakan pendekatan supply chain management. SHB menggunakan strategi make-to-stock yaitu selalu melakukan proses penyimpanan persediaan bahan baku maupun produk. Penentuan jumlah bahan baku menggunakan metode peramalan single exponential smoothing, dan monitoring persediaan bahan baku menggunakan metode safety stock sebagai penentuan persediaan pengaman. Berdasarkan pengujian Black Box, UAT (User Acceptance Test), dan Beta didapatkan hasil bahwa sistem sudah cukup membantu dalam menentukan jumlah bahan baku pada periode selanjutnya, dan membantu dalam menentukan jadwal pengiriman pesanan buyer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Supply Chain Management, make-to-stock, Single Exponential Smoothing, Safety Stock
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58414

Actions (login required)

View Item View Item