Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di SMK Minhajut Thalibin (Yamin) Subang

Toto Saefullah, Ade (2018) Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di SMK Minhajut Thalibin (Yamin) Subang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi khusunya pada teknologi komputer dan internet kini telah merambah keberbagai bidang kehidupan, termasuk pada bidang pendidikan didalamnya. Pemanfaatan dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk bidang pendidikan mempunyai dampak yang positif, dengan menawarkan kemudahan untuk menunjang proses akademik termasuk metode belajar mengajar yang dijalankan oleh institusi pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien. Proses belajar mengajar di SMK Minhajut Thalibin (YAMIN) masih bersifat konvensional, dengan artian bahwa proses akademik dan metode belajar mengajar masih belum memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan media internet maka perlu dibangun sebuah sistem informasi akademik di SMK Minhajut Thalibin (YAMIN) yang dapat membantu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Metode dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi secara langsung dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan untuk membangun sistem informasi akademik ini adalah metode pemograman berbasis objek atau OOP (objectoriented programing) dengan alat bantu UML dengan bentuk Use Case, Skenario Use Case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Component Diagram, Deployment Diagram dan Object Diagram. Sedangkan untuk pengembangannya menggunakan metode prototype. Untuk bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL sebagai database. Dengan dibangunnya sistem informasi akademik ini maka diharapkan dapat memberikan manfaat yang membantu proses kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa dalam hal berkomunikasi, pemberian materi pelajaran, pemberian tugas, pengumpulan tugas, pemberian kuis, pengerjaan kuis dan pemberian informasi nilai di SMK Minhajut Thalibin (YAMIN). Dimana dapat membantu kegiatan belajar mengajar dan menjadi alternatif media lain ketika tidak terjadinya pertemuan antara guru dan siswa di kelas karena suatu alasan. Dengan adanya sistem informasi akademik, SMK Minhajut Thalibin (YAMIN) siap memberikan pengajaran kepada setiap siswanya seoptimal mungkin, dimanapun dan kapanpun kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan memanfaatkan perangkat komputer yang terhubung dengan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi akademik, SMK Minhajut Thalibin (YAMIN), pemograman berorientasi objek, pengembangan prototype, PHP.
Subjects: ?? UNIK1506 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58430

Actions (login required)

View Item View Item