Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis (Survei Pada Pengusaha Sentral Usaha Tahu Cibuntu di Kota Bandung)

Afranata, Roro (2018) Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis (Survei Pada Pengusaha Sentral Usaha Tahu Cibuntu di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dan pemerintah berkewajiban untuk mengarahkan, membimbing, melindungi serta menumbuhkan iklim usaha. Dalam hal ini UMKM mempunyai kedudukan, potensi dan peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. UMKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Melihat potensi UMKM yang ada di Kota Bandung, maka salah satu industri yang ada di Kota Bandung yaitu industri tahu Cibuntu. Dalam hal ini kinerja bisnis melalu kompetensi wirausaha dan orientasi pasar yang ada di sentra ini harus ditingkatkan untuk dapat menciptakan suatu keunggulan di mata masyarakat luas. Metode penarikan sample yang digunakan adalah sampling jenuh yang terdiri dari 60 responden. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis regresi linier berganda. Analisis korelasi product moment, dan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh kompetensi wirausaha dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh kompetensi wirausaha dan orientasi pasar secara parsial lebih bisa dapat mempengaruhi dibandingkan secara simultan terhadap kinerja bisnis. Pengaruh kompetensi wirausaha dipengaruhi oleh human relation competence, sedangkan orientasi pasar ditingkatkan oleh kemampuan merespom. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa orientasi pasar lebih berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dibandingkan kompetensi wirausaha terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Tahu Cibuntu di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Wirausaha, Orientasi Pasar, Kinerja Bisnis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58460

Actions (login required)

View Item View Item