Pengaruh Dividen Per Lembar Saham (DPS) Dan Marjin Laba Bersih (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2012-2016

Hutahean, Joshua (2018) Pengaruh Dividen Per Lembar Saham (DPS) Dan Marjin Laba Bersih (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2012-2016. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permasalah yang terlihat bahwa dividen per lembar saham dan marjin laba bersih cenderung mengalami fluktuasi begitu juga harga saham mengalami hal yang sama. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal perusahaan,selain itu lesunya ekonomi daya beli masyarakat pun merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh. Sehingga dilihat dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Dividen Per Lembar Saham dan Marjin Laba Bersih terhadap Harga Saham, dan menentukan seberapa besar pengaruh Dividen Per Lembar Saham dan Marjin Laba Bersih terhadap Harga Saham baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi Dividen Per Lembar Saham, Marjin Laba Bersih, dan Harga Saham. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu sebanyak 6 Perusahaan dan 5 periode laporan keuangan sehingga keseluruhan sampel sebanyak 30 data. Metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan berupa journal, data di Perusahaan Otomotif, penelitian terdahulu, akses website, dan www. Idx.co.id. Model analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan melakukan Uji-T (Parsial) dan Uji-F (Simultan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel divden per lembar saham secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel marjin laba bersih secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham dan secara simultan variabel dividen per lembar saham dan marjin laba bersih menunjukan hasil yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dividen Per Lembar Saham (DPS), Marjin Laba Bersih (NPM), dan Harga Saham.
Subjects: ?? UNIK1504 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58475

Actions (login required)

View Item View Item