Strategi Komunikasi Bidang Informasi Sarana Keimigrasian (INFOKIM) Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung Dalam Mensosialisasikan Antrian Paspor Online Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Publik

Firmansyah, Fadli (2018) Strategi Komunikasi Bidang Informasi Sarana Keimigrasian (INFOKIM) Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung Dalam Mensosialisasikan Antrian Paspor Online Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Publik. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menguraikan secara mendalam tentang Strategi Komunikasi Bidang Informasi Sarana Keimigrasian (INFOKIM) Kantor Imigrasi Kelas I Bandung dalam mensosialisasikan Antrian Paspor Online untuk Meningkatkan kepada Publik. Untuk menjabarkan fokus penelitian, maka peneliti membagi kedalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu Perencanaan, Tujuan, Pesan, Media.dari Kantor Imigrasi Kelas I Bandung. Metode Penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi Deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang, terdiri dari 2 (dua) informans kunci dan 3 informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, Observasi non partisipan, Dokumentasi, Internet Searching dan Studi Pustaka. Ada pun teknik analisis data dengan mengumpulkan data , mereduksi data, menyajikan data, menarik simpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, dalam Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, melakukan Strategi Komunikasi dengan menentukan Perencanaan yang melibatkan Kemenkum Ham serta staff Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung dengan tahapan yang di lakukan yaitu rapat koordinasi,monitoring, sosialisasi, evaluasi, dengan anggaran yang sudah di tentukan. Tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada publik di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung dengan target dalam hal ini para pemohon paspor dengan tujuan untuk memperbaiki pelayanan kepada publik. Pesan yang di sampaikan seputar wawasan mengenai Antrian Paspor Online serta tatacaranya, proses penyampaian pesan secara langsung, bentuk pesan yang di sampaikan berbentuk arahan-arahan serta gambaran-gambaran mengenai Antrian Paspor Online. Media yang digunakan berupa media cetak, media elektronik, playstore, sosial media, website imigrasi.go.id, dan media brosur. Simpulan berdasarkan penelitian bahwa sosialisasi dalam program Antrian Paspor Online melalui Bidang Informasi Sarana Keimigrasian (INFOKIM) Kantor Imigrasi Kelas I Bandung ini dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan dengan baik meskipun pada pelaksanaanya ada beberapa kekurangan dalam media yang digunakan. Saran Sosialisasi sudah baik dijalankan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, akan lebih efektif lagi jika adanya sosialisasi yang turun kelapangan langsung dan membuat sosialisasi di tempat yang ramai dan terjangkau luas oleh publik agar apa yang ingin di sampaikan merata dan menyebarluas dalam hal sosialisasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Deskriptif Kualitatif, Strategi Komunikasi, Perencanaan, Tujuan, Pesan, Media.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58481

Actions (login required)

View Item View Item