Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Malakek Gala Marapulai Di Kota Padang Panjang

Fadayan Remindo, Yovan (2018) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Malakek Gala Marapulai Di Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Bagaimana Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Malakek Gala Marapulai di Kota Padang Panjang. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif dalam Upacara adat malakek gala marapulai. Metode Penelitian ini adalah metode kualitatif studi etnografi komunikasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang yang diperoleh melalui teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, internet searching dan studi pustaka. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada komunikatif dalam Upacara Adat Malakek Gala Marapulai terdapat pada setiap rangkaian prosesi dari sebelum hingga pada saat pelaksaan, dimana didalamnya terdapat tahapan yang harus dilakukan. Pada peristiwa komunikasi Upacara Adat Pernikahan terdapat beberapa komponen yang terdiri dari, setting dilakukan di rumah pria, participants yaitu para tetua-tetua dalam suku, keluarga terkait, ends yaitu sebagai wadah pemberitahuan atau menginformasikan kepada keluarga mempelai wanita dan warga sekitar apa gelar yang dipasangkan kepada si pria, , act sequence yaitu adalah, pria di anggap dewasa dalam budaya Minang kabau jika seorang pria telah memiliki gelar, dan genre yaitu keyakinan bahwa upacara adat ini merupakan tradisi yang turun-temurun di Minang kabau danharu dijaga kemuriaanya. Tindakan Komunikatif dalam Upaca Adat Malakek Gala Marapulai ialah tindakan yang mewujudkan prilaku nonverbal yaitu sepertri mambawok carano yang bermakna penghargaan atau penghormatan terhadap tuan rumah dan verbal yaitu berupa doa-dao, sambutan dengan pepatah petitih dari niniak mamak dalam Upacara Adat Malakek gala Marapulai. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi dalam Upacara Adat Malakek Gala Marapulai diwariskan dari turun temurun oleh leluhur mereka untuk mewujudkan rasa hormat kepada agama, leluhur dan orangtua, serta dimana dalam adat pernikahan ini dijalankan oleh garis keturunan tionghoa. Saran dari peneliti agar anak-anak muda Minang Kabau memahami mengenai budaya-budayanya sendiri agar kebudayaan yang telah ada dan baik ini bisa terjaga ke asliaanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Upacara Adat, Malakek Gala Marapulai, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58484

Actions (login required)

View Item View Item