Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Net Profit Margin Terhadap Praktik Peralatan Laba (survey pada perusahaan sub sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI periode 2012-2016)

Fathurrozikin, Elvi (2018) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Net Profit Margin Terhadap Praktik Peralatan Laba (survey pada perusahaan sub sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI periode 2012-2016). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perataan laba merupakan suatu tindakan yang disengaja dilakukan untuk mengurangi fluktuasi laba, dimana manajer memakai metode akuntansi tertentu untuk mengurangi fluktusi laba tersebut. Manajemen melakukan perataan laba dengan tujuan untuk memperlihatkan kondisi laba yang diperoleh perusahaan stabil kepada pihak eksternal perusahaan, khususnya kepada investor dan kreditor, dengan kondisi laba yang stabil menunjukkan bahwa resiko perusahaan kecil. Praktik perataan laba tidak akan terjadi jika laba yang diharapkan tidak terlalu berbeda dengan laba sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh ukuran perusahaan dan net profit margin terhadap praktik perataan laba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk sub sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel penelitian ini adalah sensus sampling atau sering disebut sampling jenuh. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sama dengan jumlah populasi, yaitu sebanyak 35 laporan keuangan dari 7 perusahaan sub sektor pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba, sedangkan net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Net Profit Margin dan Praktik Perataan Laba
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58499

Actions (login required)

View Item View Item