Koreksi Kesalahan Ejaan Pada Hasil Konversi File Dalam Ekstraksi Informasi

Rohim, Abdul (2018) Koreksi Kesalahan Ejaan Pada Hasil Konversi File Dalam Ekstraksi Informasi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

File yang dihasilkan dari proses konversi file dapat memiliki kesalahan ejaan yang mencakup kesalahan ejaan non-word dan word-boundary. Kesalahan ejaan non-word disebabkan oleh ejaan yang tidak terdapat pada kamus. Kesalahan ini dapat ditangani dengan menggunakan dua metode pengoreksi ejaan yaitu metode Soundex untuk memberikan rekomendasi perbaikan kata dan metode Damerau-Levenshtein Distance digunakan untuk memilih perbaikan kata dari yang direkomendasikan. Metode Soundex mengoreksi ejaan berdasarkan kemiripan ucapan (phonetic string matching) dan metode Damerau-Levenshtein Distance berdasarkan kemiripan tulisan (approximate string matching). Soundex akan mencari kata yang memiliki kemiripan berdasarkan kode fonetis yang sama sebagai kata yang direkomendasikan dan Damerau-Levenshtein Distance mencari nilai jarak edit terkecil dari kata yang dianggap salah eja dengan kata yang direkomendasikan sedangkan kesalahan ejaan word-boundary karena letak spasi yang tidak sesuai antar kata sehingga menyebabkan dua kata menjadi satu kata. Kesalahan word-boundary ditangani dengan mencari dua kata pada kamus Indonesia (KBBI), apabila dua kata tersebut digabungkan akan sama dengan kata yang dianggap salah eja word-boundary. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 11 dokumen disertasi berupa cover dan abstrak, deteksi kata yang salah eja memiliki rata-rata recall sebesar 100% dan precision sebesar 59,5%, sedangkan hasil perbaikan kata memiliki rata-rata recall sebesar 100% dan precision sebesar 71,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: koreksi kesalahan ejaan, soundex, damerau-levensthein distance, ekstraksi informasi, non-word, word-boundary
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58528

Actions (login required)

View Item View Item