Perancangan Translator Bahasa Alami Ke Dalam Format SQL (Structured Query Language) Dengan Fokus Pada Kasus Retrival Informasi

Faturohman, Ihsan (2018) Perancangan Translator Bahasa Alami Ke Dalam Format SQL (Structured Query Language) Dengan Fokus Pada Kasus Retrival Informasi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Database merupakan tempat penyimpanan suatu informasi, namun tidak semua orang dapat mengakses informasi tersebut, karena memerlukan suatu keahlian khusus, yaitu mengerti format baku yang disebut syntax SQL (Structured Query Language). Tidak semua perintah masukan yang digunakan untuk mengakses informasi berupa syntax SQL. Seringkali perintah masukan berupa bahasa alami. Syntax SQL tentu memiliki format yang berbeda dengan bahasa alami indonesia. Oleh karena itu diperlukan suatu alat bantu yang dapat menerjemahkan bahasa alami ke dalam format SQL sebagai jembatan untuk mengakses informasi dari DBMS. Sistem Penerjemah bahasa alami yang dibangun menggunakan metode rule-base untuk menentukan tahapan penerjemahan, berdasarkan hasil ekstraksi informasi dari kalimat perintah. ada empat blok proses, yaitu analisis database untuk untuk mengekstrak informasi database, lalu preprocesing kalimat untuk mengidealkan kalimat masukan, setelah itu masuk tahap Proses penerjemahan, yang terdiri dari identifikasi perintah, tabel, atribut, fitur, dan penyusunan query. terahir hasil query diekseskusi untuk diuji keberhasilannya dalam menampilkan data yang dimaksud. Berdasarkan hasil pengujian fungsi dari antarmuka sistem telah berjalan cukup baik. output dari sistem ini memiliki akurasi berkisar antara 72.22% - 83.87% untuk pengujian 6 tipe query yang berjumlah total 18 kalimat pengujian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi Informasi, Rule - Based, Query, NLP, Bahasa Alami.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58535

Actions (login required)

View Item View Item