Pembangunan Aplikasi Pendukung Praktikum Parasitologi (Studi Kasus Di Jurusan Analis Kesehatan Poltekes Bandung)

Wahyu Wiboro, Agustinus (2018) Pembangunan Aplikasi Pendukung Praktikum Parasitologi (Studi Kasus Di Jurusan Analis Kesehatan Poltekes Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Parasitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup yang hidupnya bergantung pada makhluk hidup yang lain. Parasit berukuran sangat kecil, sehingga membutuhkan bantuan mikroskop untuk mengamatinya. Di poltekkes jurusan analis kesehatan mikroskop digunakajn pada kelas praktikum parasitologi. Permasalahannya adalah kekurangan mikroskop dan sediaan untuk pengamatan, sehingga berakibat menurunya minat mahasiswa untuk melakukan pengamatan. Pada observasi awal didapatkan petunjuk bahwa mahasiswa kesulitan memahami bentuk parasitologi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif pembelajaran dengan menggunakan media komputer untuk kegiatan belajar mengajar atau disebut Computer-assisted instruction (CAI) dan dapat diakses secara online. Kegiatan pembelajaran dengan bantuan komputer selain berbentuk aplikasi pembelajaran mandiri untuk mahasiswa, juga terdapat virtual mikrosksop, yaitu simulasi untuk melakukan pengamatan dengan perbesaran zoom in, zoom out, dan jumlah sediaan preparat tidak terbatas,karena berbentuk gambar dan diakses seluruh mahasiswa. Metode untuk membangun perangkat lunak menggunakan metode Luther sutopo. Hasil pengujian aplikasi menunjukan aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan beberapa perbaikan fungsi. Pada pengujian terhadap mahasiswa poltekkes dengan pre test dan post test menunjukkan bahwa dengan aplikasi tersebut terdapat peningkatan sebesar 8.17%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dapat membantu pembelajaran praktikum parasitologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: praktikum parasitologi ,parasit, virtual mikroskop, Computer-assisted intruction (CAI), media pembelajaran.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58537

Actions (login required)

View Item View Item