Pembangunan Aplikasi Appedestrian Untuk Meningkatkan Jumlah Pejalan Kaki Memanfaatkan Teknologi Geofencing Dan Fitur Gamification

M, and Nurdin S, Romdon (2018) Pembangunan Aplikasi Appedestrian Untuk Meningkatkan Jumlah Pejalan Kaki Memanfaatkan Teknologi Geofencing Dan Fitur Gamification. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berjalan kaki adalah orang yang bergerak dalam satu ruang, dalam berjalan kaki, Shirvani (1985) mengatakan bahwa penggunanya memerlukan jalur khusus yang disebut juga dengan pedestrian, yang merupakan salah satu dari elemen-elemen perancangan kawasan yang dapat menentukan keberhasilan dari proses perancangan di suatu kawasan kota. Agar bisa menarik perhatian masyarakat Kota Bandung untuk berjalan kaki di trotoar atau pedestrian yang sudah disediakan, maka dibuatkan aplikasi mobile android dengan menggunakan teknologi Geofencing dan Fitur Gamification (Gamifikasi). Geofencing adalah fitur dari program yang memanfaatkan komponen Global Positioning System (GPS) guna menentukan batasan geografi secara virtual. Sedangkan gamifikasi adalah penggunaan dari teknik permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Untuk meningkatkan kemudahan dan keseruan bagi pejalan kaki sekaligus memonitoring hasil kegiatan olahraga berjalan kaki yang mampu menampilkan jumlah kalori terbakar, kecepatan, waktu, serta jarak yang ditempuh saat berjalan kaki. Aplikasi dalam bentuk mobile android yang memanfaatkan fitur Geofencing dan Gamification tersebut merupakan solusi yang dapat membantu para pelari memonitor aktifitas olahraga mereka, yang terjangkau oleh siapa saja dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jalan kaki, android, smartphone, Geofencing, Gamification.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58550

Actions (login required)

View Item View Item