Sistem Informasi Penjadwalan Dan Manajemen Risiko Proyek Fiber Optic Di PT. Era Bangun Jaya

Christima Simanjuntak, Desy (2018) Sistem Informasi Penjadwalan Dan Manajemen Risiko Proyek Fiber Optic Di PT. Era Bangun Jaya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Era Bangun Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. selama pelaksanaan proyek fiber optic ini, ada beberapa hambatan yang terjadi, diantaranya timeplan yang dibuat selama ini hanya berupa list pekerjaan yang menyertakan tanggal mulai dan tanggal selesai, pencatatan risiko jarang dilakukan yang mengakibatkan kurang jelasnya biaya yang dikeluarkan mengakibatkan mendapatkan denda karena keterlambatan tidak disertai dengan data pencatatan risiko yang terjadi, penangannan risiko sudah ada tetapi tidak dilakukan pencatatan penanganan risiko yang mengakibatkan site manager akan menghubungi project manager. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Manajemen Proyek untuk menangani penjadwalan, dan manajemen risiko risiko. Metode Critical Path Method (CPM) digunakan untuk perencanaan jadwal dan menemukan jalur kritis suatu proyek. Sedangkan untuk mengidentifikasi risiko beserta tingkat risiko yang muncul menggunakan metode Probability Impact Matrix (PIM), dan untuk menghitung biaya dari masing-masing risiko menggunakan metode Expected Monetary Value (EMV). Berdasarkan hasil wawancara dan pengujian, sistem yang dibuat sudah cukup membantu Project Manager dalam perencanaan penjadwalan berdasarkan history proyek sebelumnya dan dapat menganalisis pekerjaan mana yang tidak dapat ditunda., dan memanajemen risiko proyek sehingga risiko dan hambatan yang muncul selama pengerjaan proyek dapat diidentifikasikan dengan baik, sehingga dapat mempersiapkan tindakan penanganan di setiap risikonya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: fiber optic, sistem informasi, manajemen proyek, critical path method, probability impact matrix, expected monetary value.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58553

Actions (login required)

View Item View Item