Pembangunan Aplikasi Bandung Traveling Untuk Memberikan Rekomendasi Tempat Wisata Dengan Menggunakan Teknologi Geofence GCM Berbasis Android

Romdon Mubaqo, Asep (2018) Pembangunan Aplikasi Bandung Traveling Untuk Memberikan Rekomendasi Tempat Wisata Dengan Menggunakan Teknologi Geofence GCM Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan wisata merupakan kegiatan yang paling banyak disukai pada saat ini. Namun, terdapat masalah yang dapat menyebabkan kendala dalam kegiatan wisata tersebut. Berdasarkan kuesioner kepada 61 responden, 91% responden kesulitan mendapatkan rute optimal ke tempat wisata, 72,1 % responden kesulitan dalam mencari tempat wisata berdasarkan kategori tempat wisata serta 98 % responden kesulitan mendapatkan informasi tentang wisata yang terbaru di kota Bandung. Oleh karena itu, maka dibuat sistem aplikasi bandung travelling untuk rekomendasi tempat wisata dengan menggunakan pendekatan metode travelling salesman problem (TSP) dengan berbasis android karena merupakan perangkat mobile yang paling banyak digunakan. Aplikasi bandung travelling memiliki fungsi untuk memberikan rekomendasi wisata berdasarkan kategori, pemberitahuan tempat wisata terbaru, rute optimal menuju tempat-tempat wisata dan menampilkan tempat disepanjang rute yang dilewati. Metode yang digunakan untuk memberikan rute optimal adalah dengan pendekatan metode TSP. Aplikasi bandung travelling menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan geofence untuk menentukan batas-batas kota bandung, selain itu aplikasi bandung travelling menggunakan library routeboxer untuk menampilkan tempat disepanjang rute. Aplikasi bandung travelling yang sudah dibangun dapat mempermudah wisatawan mendapatkan informasi tempat wisata berdasarkan kategori, informasi tempat disepanjang rute dan memberikan rute optimal menuju tempat-tempat wisata yang dipilih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wisata, Bandung, Travelling Salesman Problem, Routeboxer
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58558

Actions (login required)

View Item View Item