Implementasi Perbaikan Kesalahan Ejaan Pada Sistem Essay Scoring

Wihardodo, (2018) Implementasi Perbaikan Kesalahan Ejaan Pada Sistem Essay Scoring. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam menjawab soal tentu harus tepat dan benar. Apalagi dalam menjawab soal esai otomatis dikomputer karena jika terjadi salah pengetikan (typo) ketika menjawab akan mempengaruhi penilaian. Jenis typo seperti kesalahan penempatan huruf (transposisi), tertinggal huruf, dan kelebihan huruf. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan cara agar masalah typo tidak terjadi, yaitu dengan adanya aplikasi perbaikan kesalahan ejaan pada sistem essay scoring. Aplikasi ini menggunakan metode jaro winkler distance dan aplikasi dibangun berbasis web. Proses kerjanya aplikasi ini pertama melakukan proses preprocessing seperti case folding, filtering, tokenizing, dan stopword removal lalu dicek kata typo dengan cara mencocokan setiap karakter pada kata yang typo kedalam kamus KBBI, jika kata tersebut typo maka akan di deteksi oleh sistem. Kemudian diproses penghitungan kata typo dengan jaro winkler distance untuk mendapatkan nilai tertinggi pada kata typo. Dalam algoritma jaro winkler distance nilainya diantara 0-1. Kata yang bernilai satu artinya kata tersebut sama persis sehingga kata yang memiliki nilai yang tertinggi akan digunakan sebagai kata sugesti untuk menggantikan kata yang typo. Hasil pengujian dari 5 pertanyaan, 30 jawaban siswa, dan 5 kata kunci jawaban mendapatkan akurasi 57% - 73%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Kesalahan Ejaan, Transposisi, Kekurangan, Kelebihan, Deteksi, Koreksi, Essay Scoring, Jaro Winkler Distance.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58559

Actions (login required)

View Item View Item