Rancang Bangun Purwarupa Stasiun Klimatologi Sebagai Penunjang Pembelajaran Di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang Berbasis Internet Of Things

Andrian, Hari (2018) Rancang Bangun Purwarupa Stasiun Klimatologi Sebagai Penunjang Pembelajaran Di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang Berbasis Internet Of Things. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang merupakan lembaga pendidikan yang bergerak di bidang pertanian. Sekolah tersebut memiliki fasilitas yaitu stasiun klimatologi. Namun dalam pemanfaatannya, terdapat beberapa masalah yaitu guru yang bertugas mengamati cuaca memiliki kesibukan sehingga data pengamatan dari stasiun klimatologi kurang lengkap serta kurangnya media untuk menyebarkan data cuaca tersebut kepada siswa yang akan menyelenggarakan kegiatan swakarya. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengamati cuaca menggunakan teknologi internet of things sehingga data yang dihasilkan lebih lengkap serta informasi yang dihasilkan stasiun klimatologi dapat diakses oleh siswa. Pembangunan stasiun klimatologi otomatis ini menggunakan arduino sebagai mikrokontroler dan Raspberry sebagai mini PC untuk mengolah data hasil dari sensor lalu mengirim hasil pengolahan ke database. Data yang disimpan pada database ditampilkan pada website sehingga pengguna dapat melihat data cuaca, data iklim, serta data tanaman. Hasil dari penelitian rancang bangun purwarupa stasiun klimatologi sebagai penunjang pembelajaran di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang yaitu dapat membantu guru dalam proses pengamatan unsur cuaca, serta dapat menunjang pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internet Of Things, Stasiun Klimatologi, Raspberry, Arduino, Penunjang Pembelajaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58588

Actions (login required)

View Item View Item