Pembangunan Sistem Pemeliharaan Tanaman Dasn Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Otomatis Berbasis Internet Of Things

Reyansyah, Akbar (2018) Pembangunan Sistem Pemeliharaan Tanaman Dasn Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Otomatis Berbasis Internet Of Things. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem Pemeliharaan Tanaman yaitu perlakuan pada tanaman yang meliputi pemberian air, pemberian nutrisi, pemberian pestisida. Pertanian konvensional modern adalah pertanian konvensional yang sudah menerapkan berbagai inovasi teknologi untuk memberi kemudahan bagi petani dalam membudidayakan tanaman Ciri dari pertanian konvensional modern adalah penggunaan rumah kaca sebagai rekayasa iklim sederhana, penggunaan traktor untuk pengolahan tanah di lahan non rumah kaca, dan juga sprinkler sebagai alat penyiram tanaman. Sedangkan sistem pemeliharaan tanaman pada pertanian konvensional modern otomatis dalam rumah kaca berbasis IoT adalah pemeliharaan tanaman yang mencakup pemberian air, nutrisi, pestisida yang terintegrasi dengan internet serta penggunaan sensor kelembapan tanah sebagai titik acuan untuk pemberian air di lahan secara otomatis berdasarkan value yang didapatkan dari sensor kelembapan tanah dengan 3 kriteria tanah, kering, lembab dan sangat lembap. Pembangunan sistem pemeliharaan tanaman ini bertujuan untuk meminimalisir pemborosan air di lahan, pemberian nutrisi tanaman menjadi lebih terarah dan memaksimalkan pengendalian organisme pengganggu tanaman. Pembangunan sistem pemeliharaan tanaman ini menggunakan Raspberry Pi sebagai mini PC dan Arduino sebagai mikro kontroler, serta aplikasi berbasis web sebagai antarmuka untuk petani. Tahap pengerjaan dimulai dengan membangun web service RESTful API dengan pertukaran data berbasis JSON. Web service ini akan terkoneksi pada sebuah database. Web service yang nantinya akan menerima data dari aplikasi web sistem pemeliharaan tanaman pada Raspberry Pi dan aplikasi web client petani sebagai antarmuka bagi petani. Selanjutnya data disimpan pada database, kemudian apabila aplikasi membutuhkan data tersebut maka web service akan mengirimkan data tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Penggunaan Raspberry Pi disini bertujuan untuk antarmuka petani di lahan (rumah kaca) dan Arduino untuk mengendalikan sensor-sensor yang digunakan. Purwarupa ini dapat mempermudah pekerjaan petani yang ada di Balai Penelitian Tanaman Sayuran, dan penelitian ini sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemeliharaan Tanaman, Internet of Things, Raspberry Pi, Web
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58598

Actions (login required)

View Item View Item