Rancangan Bangun Alat Wafer Learning Pada Fabrikai IC (Integrated Circuit )

Miftahudin (2018) Rancangan Bangun Alat Wafer Learning Pada Fabrikai IC (Integrated Circuit ). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini memaparkan hasil dari penelitian dan perancangan sebuah alat pencucian Wafer Silicon pada fabrikasi IC. Wafer Silicon adalah kepingan wafer yang terbuat dari pasir kuarsa yang dipadatkan lalu dipotong-potong hingga menjadi sebuah kepingan-kepingan yang berbentuk piringan. Wafer silicon dibuat sebagai bahan dasar dari sebuah IC. Sebelum diolah menjadi IC, wafer silicon harus bersih dan tidak terkontiminasi dari partikel-partikel yang mengganggu wafer sebagai fungsi utamanya. Untuk itu, penulis mencoba meneliti dan merancang alat pada prinsip pencucian wafer. Alat ini menggunakan Arduino mega 2560 pro mini, sensor suhu ds18b20 sebagai monitoring keadaan suhu bahan kimia yang dipakai untuk mencuci, LCD Touchscreen 2,4�� sebagai layar serta mekanika pencucian dengan penggerak dasar dari motor stepper.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bahan dasar IC, pencucian wafer silicon, pasir kuarsa, prinsip pada pencucian wafer, Wafer silicon
Subjects: ?? UNIK1516 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58608

Actions (login required)

View Item View Item