Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Santri Ponpes Monitoring Kegiatan Santri Ponpes Uswatun Hasanah Purwakarta

Juhda Hanief, Fulka (2018) Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Santri Ponpes Monitoring Kegiatan Santri Ponpes Uswatun Hasanah Purwakarta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ponpes Uswatun Hasanah saat ini melakukan monitoring kegiatan harian para santri dengan melakukan rapat evaluasi bulanan rutin yang dihadiri oleh seluruh QST, IST, para guru(pembimbing) dan kepala sekolah. Yang dibahas pada rapat evaluasi bulanan ini salah satunya adalah perkembangan akademik santri, baik itu perkembangan santri yang berprestasi maupun yang perkembangan akademiknya bermasalah. Informasi perkembangan akademik santri ini meliputi kehadiran santri disetiap kegiatan, kemampuan bacaan Al-Quran, hapalan Qur��an, kemampuan bahasa arab/inggris dan nilai raport santri. Informasi tersebut dituliskan secara deskriptif pada kartu evaluasi bulanan yang dikumpulkan oleh semua guru kepada kepala sekolah. Kemudian kepala sekolah melaporkan perkembangan akademik santri yang diperoleh tersebut kepada ketua yayasan. Dalam Proses monitoring yang berjalan saat ini ditemukan beberapa kendala dan keterbatasan, diantaranya yaitu belum adanya sistem yang terintegrasi dengan database dalam pengelolaan nilai-nilai kegiatan santri sehingga menyebabkan penumpukan dokumen-dokumen pengarsipan. Serta belum adanya sistem pengelola nilai yang menghasilkan output berupa laporan dengan angka-angka yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi bulanan. Dalam merancang dan membangun sistem informasi monitoring ini penulis menggunakan metode pengembangan waterfall. Dan untuk pendekatan sistem penulis menggunakan metode pendekatan terstruktur, dengan diagram yang digunakan penulis dalam menganalisis dan merancang sistem seperti diagram konteks, data flow diagram dan flowmap. Adapun perangkat lunak yang digunakan adalah dengan menggunakan notepad++, Database mysql, Xampp, dan Phpmyadmin. Dengan adanya sistem informasi monitoring ini, diharapkan akan memberikan kemudahan pada pihak pesantren dalam hal penyimpanan dokumen-dokumen yang terkait dengan sistem informasi ini dan juga dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan nilai-nilai kegiatan santri sehingga dapat menghasilkan output berupa angka-angka sebagai bahan laporan evaluasi bulan pondok pesantren. Untuk kedepannya sistem informasi monitoring ini bisa dikembangkan dan digabungkan dengan sistem informasi akademik santri agar semua aspek akademik kepesantrenan menjadi lebih mudah dan terkomputerisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem, sistem informasi, monitoring kegiatan, pondok pesantren
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58622

Actions (login required)

View Item View Item