Penentuan Daerah Pemasaran Dan Promosi Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Di Sinar Barokah Dengan Pendekatan Customer Relationship Management

Ernanda, Nefri (2018) Penentuan Daerah Pemasaran Dan Promosi Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Di Sinar Barokah Dengan Pendekatan Customer Relationship Management. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sinar Barokah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan makanan yaitu industri pembuatan bakso. Perusahaan Sinar Barokah yang beralamat di Dusun Sukamaju RT. 14/15 Desa Kalijati Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. Pendekatan dengan calon pelanggan dengan cara pegawai berdagang keliling, saat ini sudah ada 6 kecamatan yang sudah menjadi daerah pemasaran produk dari perusahaan Sinar Barokah. Hal ini mendorong perusahaan sinar barokah untuk melakukan memperluas daerah pemasaran untuk menarik konsumennya, namun perusahaan Sinar Barokah memiliki kendala dalam menentukan daerah kecamatan yang memiliki potensi pangsa pasar tinggi. Berdasarkan data transaksi jumlah transaksi yang terjadi setiap bulannya �±250 kali transaksi dari jumlah transaksi tersebut terdapat pelanggan yang berpotensi. Namun perusahaan belum melakukan pengelompokan pelanggan berdasarkan jumlah transaksi dan frekuensi belanja pelanggan, sehingga perusahaan kesulitan dalam mengetahui pelanggan yang berpotensi untuk pemberian reward atau promosi berdasarkan kelompok pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada perusahaan Sinar Barokah, maka dibutuhkannya sistem informasi dengan pendekatan Customer Relationship Management untuk analisis pangsa pasar dan memberikan reward atau promosi berdasarkan kelompok pelanggan. Proses analisis pangsa pasar menggunakan metode STP dengan tujuan membantu pemilik perusahaan dalam menentukan daerah pemasaran sedangkan proses pengelompokan pelanggan menggunakan metode LRFM dengan tujuan membantu pemilik perusahaan dalam mengetahui kelompok pelanggan dan memberikan reward atau promosi berdasarkan kelompok pelanggan, informasi promosi akan disampaikan melalui sms gateway. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu dengan pengujian black box, user acceptence test (UAT) dan wawancara dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah dapat membantu pemilik dalam menentukan daerah kecamatan yang mempuyai potensi tinggi untuk daerah pemasaran baru dan dapat membantu pemilik dalam mengetahui kelompok pelanggan untuk pemberian promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sinar Barokah, Customer Relationship Management, Pangsa Pasar, Promosi, Sms Gateway.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58642

Actions (login required)

View Item View Item