Pembangunan Sistem Informasi Industri Manufaktur PT. Laksana Karis Industri Menggunakan Pendakatan Supply Chain Management

Gunia, Gugugn (2018) Pembangunan Sistem Informasi Industri Manufaktur PT. Laksana Karis Industri Menggunakan Pendakatan Supply Chain Management. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Laksana Karis Industri, perusahaan yang bergerak dalam produksi alat telekomunikasi. PT. Laksana Karis Industri dalam memproduksi produknya terdapat masalah dibagian hulu yaitu pada bagian pengadaan. PT. Laksana Karis Industri mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah bahan baku untuk pengadaan kepada supplier karena tidak menentunya jumlah pembelian produk yang dilakukan oleh distributor. Dalam melakukan pendistribusian, P.T Laksana Karis Industri selalu mengutamakan distributor yang sudah melakukan pembayaran lunas, akan tetapi terdapat masalah saat akan melakukan pendistribusian ketika jumlah produk banyak melebihi kapasitas kendaraan. Sehingga terjadi keterlambatan pengriman produk. Berdasarkan Permasalahan yang ada maka dibutuhkan sistem informasi supply chain. Strategi yang digunakan di PT. Laksana Karis Industri adalah strategi make-to-stock. Metode yang digunakan dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan baku yaitu dengan menggunakan metode peramalan Single Moving Average yang didapat dari data penjualan selama 5 bulan. Sedangkan untuk menghitung pengamanan persediaan yaitu dengan menggunakan metode Safety Stock. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan diantaranya yaitu, pengujian fungsional, pengujian UAT dan pengujian pengguna akhir didapatkan kesimpulan bahwa sistem informasi dengan menggunakan pendekatan supply chain management sudah dapat membantu perusahaan dalam menentukan jumlah bahan baku untuk pengadaan dan menentukan pendistribusian produk ke distributor..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, Single Moving Average, Make-to-stock, Safety Stock, SI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58647

Actions (login required)

View Item View Item