Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Gas Turbine Engine Pada Jurusan Airframe And Powerplant Kelas XI Di SMK Negeri 12 Bandung

Pratama L, Faqih (2018) Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Gas Turbine Engine Pada Jurusan Airframe And Powerplant Kelas XI Di SMK Negeri 12 Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada jurusan Airframe and Powerplant di SMKN 12 Bandung, terdapat mata pelajaran gas turbine engine yang dipelajari untuk kelas XI. Berdasarkan hasil wawancara, bahwa pada pembelajaran teori dan praktikum, ilustrasi yang diberikan belum tergambarkan dengan baik. Hal ini disebabkan karena alat peraga terbatas dan mati sehingga siswa-siswi kesulitan saat melakukan kegiatan teori sekaligus praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi multimedia interaktif gas turbine engine yang dapat mengatasi keterbatasan alat peraga, sehingga dapat menjadi media bantu siswa untuk belajar gas turbine engine. Metode pembangunan yang digunakan adalah metode pembangunan multimedia menurut Sutopo, yang dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif CAI (Computer Assisted Instruction). Model CAI yang digunakan yaitu model Tutorial untuk memberikan materi, Simulation untuk memberikan gambaran tentang alat yang akan disimulasikan, dan Drills and Practice untuk memberikan latihan berupa evaluasi. Untuk mengetahui keberhasilan, melakukan wawancara kepada guru gas turbine engine. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru gas turbine engine diketahui bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu guru dalam memvisualisasikan prinsip kerja gas turbine engine dan mengatasi keterbatasan alat peraga. didapatkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif yang dibangun sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan baik itu dari segi pengujian alpha maupun dari pengujian beta. Kemudian dari hasil pretest dan posttest terhadap 60 siswa kelas XI didapatkan hasil pretest dan posttest dengan persentase kenaikan nilai rata-rata sebesar 13.70%, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini membantu dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Gas Turbine Engine, CAI(Computer Assisted Instruction), Simulasi, Airframe and Powerplant.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58649

Actions (login required)

View Item View Item