Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Biaya Dan Waktu Proyek Di CV. Bintang Utara

Hidayat, Fahmi (2018) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Biaya Dan Waktu Proyek Di CV. Bintang Utara. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Bintang Utara adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa konstruksi. CV. Bintang Utara saat ini mengalami masalah tidak sesuainya bobot pekerjaan rencana dengan bobot pekerjaan realisasi ketika mengerjakan proyek lebih dari satu, sehingga sulit menentukan proyek yang harus dipercepat. Percepatan biasanya dilakukan diakhir penyelesaian menyebabkan manajer proyek sulit membandingkan biaya percepatan dengan denda, ketika percepatan dilakukan secara langsung tanpa menunggu akhir penyelesaian proyek. Belum adanya sistem yang dapat mengintegrasikan proses pelaporan progres pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana teknis. Berdasarkan masalah tersebut pengendalian biaya dan waktu serta penentuan proyek yang harus dipercepat menggunakan metode Earned Value Management. Percepatan yang dilakukan tanpa harus menunggu waktu akhir proyek, sehingga dapat membandingkan biaya percepatan dengan denda menggunakan metode Time Cost Trade Off. Metode jalur kritis yang digunakan adalah Critical Path Methode karena dapat mengindentifikasi pekerjaan yang termasuk kritis, sehingga dapat dilakukan percepatan pada pekerjaan tersebut. Dari hasil penelitian, sistem informasi manajemen biaya dan waktu proyek dapat membantu manajer menentukan proyek yang harus dilakukan percepatan telebih dahulu. Sistem dapat membantu manajer proyek dalam membandingkan biaya percepatan dan denda berdasarkan informasi biaya dan waktu. Sistem informasi manajemen biaya dan waktu dapat membantu mengintegrasikan proses pelaporan pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana teknis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Biaya dan Waktu Proyek, Percepatan Proyek, Earned Value Management, Critical Path Methode, dan Time Cost Trade Off.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58654

Actions (login required)

View Item View Item