Pembangunan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Supply Chain Management (SCM) Pada CV. SAP

Suwarto, Noviyanto (2018) Pembangunan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Supply Chain Management (SCM) Pada CV. SAP. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. SAP merupakan sebuah Perusahaan Dagang yang mendistribusikan cat mobil yang berdiri sejak tahun 2009. Permasalahan yang terjadi pada estimasi selesai produksi karena tidak dapat mengetahui kapan produk ready mix yang dipesan akan selesai diproduksi dan dikirimkan ke pelanggan karena harus melalui menunggu kedatangan bahan baku dari supplier dan menunggu proses produksi. Banyaknya varian produk cat ready mix menyebabkan perusahaan tidak bisa menyetok bahan baku secara berlebih ,sedangkan penjualan produk jadi sering mengalami kenaikan permintaan. Kendala pada pendistribusian pesanan dalam jumlah besar sulit dalam menentukan jenis kendaraan apa yang bisa digunakan berdasarkan jumlah kapasitas kendaraan tersebut. Strategi Supply Chain yang digunakan pull push supply chain karena strategi pull supply chain digunakan pada pemesanan bahan baku dan produksi produk ready mix baru dilakukan setelah adanya pemesanan dari pelanggan, sedangkan strategi push supply chain digunakan karena pemesanan produk jadi dilakukan setiap satu bulan sekali. Perencanaan pembelian bahan baku menggunakan metode JIT dan peramalan produk jadi menggunakan metode single exponential smoothing. Dari hasil pengujian black box dan pengujian beta dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah dapat membantu mengelola daftar pemesanan produk dari pelanggan, peramalan pemesanan produk untuk satu bulan, membantu menentukan jumlah pemesanan bahan baku ke supplier dan membantu dalam menentukan tanggal pendistribusian produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: supply chain management, pull push supply chain, make-to-order, make-to-stock, just in time, single exponential smoothin
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58657

Actions (login required)

View Item View Item