PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA PENGGUNA KOSMETIK MEREK AVON DI KOTA BANDUNG)

Sinaga, Verawati (2005) PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA PENGGUNA KOSMETIK MEREK AVON DI KOTA BANDUNG).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bagi konsumen segmen wanita, kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Konsumen memiliki banyak alasan untuk memilih suatu produk yang akan dikonsumsi. Kondisi ini membuat produsen memiliki peluang bisnis, dimana mereka saling berlomba untuk memasarkan suatu produk sejenis dengan keunggulan dan merek berbeda dari pesaingnya sehingga kemudian alternatif suatu produk yang sejenis yang ditawarkan dan dipasarkan menjadi lebih beragam. Hal ini menyebabkan masyarakat menjadi semakin teliti dalam menerima dan menyeleksi informasi yang mereka terima dan juga secara tidak langsung membuat tantangan yang dihadapi dalam menciptakan suatu merek yang kompetitif berdasarkan persepsi konsumen. Avon merupakan salah satu produk kosmetik yang mengalami situasi pasar seperti ini, karena pada saat ini telah banyak bermunculan produk-produk sejenis yang baru dipasarkan yang berlomba-lomba menawarkan berbagai keunggulan. Untuk tetap bertahan dan unggul dipasaran banyak faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah dengan tetap mempertahankan citra merek yang telah dipelihara sejak lama. Tujuan dari perusahaan dalam mempertahankan citra merek adalah untuk membangkitkan minat beli konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey, penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang menggambarkan apa yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk selanjutnya diolah menjadi data. Sedangkan verifikatif pada dasarnya untuk menguji teori dengan menggunakan hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistika yang digunakan untuk menguji variabel X terhadap variabel Y yang diteliti. Adapun sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus sampel minimal secara iterative, sehingga diperoleh 114 orang responden. Citra merek Avon dibenak sebagian besar konsumen adalah positif, sehingga semakin positif persepsi konsumen terhadap citra merek maka semakin besar pula proses keputusan pembelin konsumen terhadap kosmetik merek Avon di kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian pada PT Avon Indonesia mengenai pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen kosmetik merek Avon diwilayah kota Bandung dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,452 sedangkan koefisien determinasi sebesar 20,43 %. Hal ini berarti bahwa pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen yaitu sebesar 20,43 % sedangkan sisanya sebesar 79,57 % dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item View Item