Aplikasi E-Learning politeknik LP3I Medan

Rahman, Abdul (2018) Aplikasi E-Learning politeknik LP3I Medan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Politeknik LP3I Medan merupakan salah satu kampus terkemuka dibidang IT (Ilmu Teknologi) yang berpusat di kota medan dan beralamat jl. Sisingamangaraja no. 24/275 simpang amaliun medan. Sistem perkuliahan berjalan tanpa adanya aplikasi untuk menunjang aktivitas perkuliahan dimana yang dimaksud adalah sebuah alat bantu yang dapat mempermudah interaksi antara mahasiswa dengan bahan/materi pelajaran, demikian juga interaksi antara mahasiswa dengan dosen maupun antara mahasiswa dengan mahasiswa dengan menggunakan media internet. Para dosen dapat memberikan materi atau tugas, baik berupa file, video, text, animasi, suara ataupun materi-materi kuliah dalam bentuk dokumen lainnya, mahasiswa juga dapat melihat hasil prestasinya pada modul raport. Serta belum adanya media penunjang kegiatan perkuliahan yang dapat memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk berkomunikasi atau melakukan proses perkuliahan diluar jadwal yang sudah ditentukan atau sebagai pengganti jadwal perkuliahan yang berhalangan. budaya paperless pada materi-materi perkuliahan belum tumbuh dan berkembang yang diakibatkan belum optimalnya pemanfaatan fasilitas Information and Communication Technology (ICT) dalam sistem informasi perkuliahan serta masih minimnya publikasi dan dokumentasi hasil-hasil karya ilmiah dosen dalam jurnal ilmiah, materi perkuliahan dan digitalisasi pembelajaran dalam konten e-learning masih rendah. Melihat masalah diatas, maka dalam metode penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan berorientasi objek, metode berorientasi objek merupakan cara pendekatan baru dengan menggunakan logika-logika dalam menghadapi masalah-masalah yang akan diatasi dengan bantuan komputer. Sedangkan dalam pengembangannya menggunakan pengembangan system prototype serta menggunakan bahasa pemrograman HTML (Hyper Text Mark up Language), PHP, dan javascript. Pengembangan interface akan menggunakan Bootstrap. Bootstrap adalah sebuah framework CSS yang menyediakan kumpulan komponen-komponen interface dasar pada web. Dengan menggunakan interface berbasis bootstrap maka interface akan mudah untuk disesuikan dengan perangkat yang mengaksesnya sehingga lebih portable dan efisien. Hasil dari penelitian menunjukan memang belum adanya suatu aplikasi yang dapat menunjang aktivitas perkuliahan, sehingga peneliti ingin merancang sebuah aplikasi yang dapat menunjang aktivitgas perkuliahan di politeknik lp3i medan. Hasil akhir dari pembuatan aplikasi ini diharapkan menjadi sebuah alat tambahan kepada dosen dan mahasiswa agar tetap dapat mengikuti pelajaran kapanpun dan dimanapun. Serta dapat menjadi suatu sistem terapan baru di Politeknik LP3I Medan. Aplikasi ini juga diharapkan nantinya bisa menjadi alat pendukung dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk mengatasi suatu masalah, karena sifatnya yang live report maka akan mempermudah penggunanya untuk mengolah data dan informasi secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-learning Politeknik LP3I Medan, E-learning
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58688

Actions (login required)

View Item View Item